Sukses

Berikan Nutrisi Sesuai Agar Sinergi Kepintaran si Kecil Optimal

Optimalkan sinergi kepintaran si Kecil dengan nutrisi terbaik itu penting, lho, Mam! Yuk, cari tahu di sini!

Liputan6.com, Jakarta Tak terasa si Kecil makin terus tumbuh hingga akhirnya mulai memasuki usia 1 – 5 tahun dimanausia tersebut ialah periode emas untuk mengoptimalkan kepintaran anak.

Dalam periode emas ini, kemampuan menyerap informasi anak berlangsung maksimal dibandingkan di tahapan usia lainnya.

Banyak dari Mam dan Pap yang mengukur kepintaran si Kecil dari kemampuan kognitifnya, seperti merangkai kata, berhitung, dan mengenal benda. Nah, kepintaran kognitif disebut juga kepintaran akal, Mam. Sebenarnya, kepintaran si Kecil tidak hanya diukur dari kepintaran akal loh Mam, tapi juga kepintaran fisik dan sosial.

Kepintaran akal, fisik dan social itu apasih?

Kepintaran akal

Kepintaran akal disebut juga dengan kepintaran mental, kepintaran ini seperti kemampuan anak berkomunikasi, memecahkan masalah, berpikir jernih, dan kritis. Word smart, number smart, picture smart dan smart music merupakan kelompok kepintaran akal.

Kepintaran Fisik

Kepintaran fisik erat kaitannya dengan body smart ya itu kemampuan motorik si Kecil. Di samping itu, kepintaran fisik juga bias dilihat dari kecakapan si Kecil dalam mengeksplorasi alam, atau sering disebut Nature Smart.

Kepintaran Sosial

Sedangkan kepintaran social ialah kemampuan si Kecil dalam berinteraksi dengan lingkungan social dan mengendalikan diri sendiri.

Yang perlu Mam ketahui, orangtua tak bisa hanya focus kesalah satu jenis kepintaran saja. Ketiga kepintaran tersebut harus bersinergi, jadi masing-masing kepintaran tersebut sama pentingnya dan harus didukung dengan porsi yang sama.

Masing – masing kepintaran ini membutuhkan dukungan yang berbeda, nah, berikut merupakan dukungan yang bias diberikan oleh Ibu:

Dukungan Untuk Kepintaran  Akal

  1. Asam Lemak Esensial (Omega 3 & 6)

DHA (Docosehaxaenoic Acid) dan AA (Arachidonic Acid) adalah bagian dari rantai panjang asam lemak esensial Omega 3 dan Omega 6, berturut-turut. Asam lemak Omega 3 (Asamalfa-linolenat) dan Omega 6 (AsamLinoleat) yang penting untuk proses mengamati dan berpikir si kecil ini, tidak dapat dihasil kan tubuh. Mam bias mendapatkan nya dari sarden, tongkol, salmon, tuna, udang, kerang, kacang kenari, dan minyak zaitun.

  1. Kolin

Kolin adalah nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan fungsi daya ingat. Selain itu, kolin membantu proses komunikasi otak dengan organ-organ lain di tubuh. Sumber makanan yang mengandung kolin di antaranya telur, susu yang difortifikasi, brokoli, kubis, kembang kol, tahu, yoghurt, dan daging sapi tanpa lemak.

  1. Zatbesi

Zat besi juga adalah unsur paling penting dalam menjaga dan meningkatkan aktivitas saraf. Selain itu, zat besi membantu kerja enzim yang penting untuk perangsangan saraf. Makanan sumber zat besi antara lain daging sapi, daging kambing, sayuran hijau,dan kacang-kacangan.

  1. Vitamin A

Vitamin A dibutuhkan untuk mendukung fungsi penglihatan, pertumbuhan tulang, dan membantu melindungi tubuh dari infeksi. Anak usia 1-3 tahun membutuhkan asupan vitamin A 400 mikrogram per hari (AKG, 2013). Pastikan si Kecil mengonsumsi wortel, bayam, ubi, dan paprika merah untuk mendapat asupan vitamin A yang cukup.

 

Dukungan Untuk Kepintaran Fisik

  1. Protein

Setiap sel di tubuh memerlukan protein. Bagi anak usia dini, sebanyak 10 persen tenaganya bersumber dari protein. Karena itu, protein merupakan komponen esensial yang akan membantu si kecil tumbuh aktif. Sumber protein terbaik untuk si kecil yaitu daging sapi, daging, unggas, kuningtelur, susu, dan kacang-kacangan.

  1. Alpha-lactalbumin

Adalah  protein  whey yang terdiri dari sekitar 20% dari total kandungan protein yang mudah dicerna.  Dapat meningkatkan penyerapan mineral dan menstimulasi fungsi daya tahan tubuh dan memiliki efek prebiotik. Alfa Lactalbumin banyak terkandung di daging, unggas, ikan, dan telur.

 

Dukungan Untuk Kepintaran Sosial

Berikan si kecil kasih saying dan perhatian serta mengapresiasi hal positif yang dilakukannya. Selain itu, berikan ia kesempatan untuk berinteraksi dengan teman-temannya agar kemampuan komunikasinya meningkat. 

Dukung terus sinergi kepintaran akal, fisik, dan social putra-putri Anda dengan stimulasi dan nutrisi yang terbaik untuk mereka sesuai dengan tahapan usianya. Pastikan asupan nutrisi si kecil seimbang dan dapatkan tips- tips untuk menstimulasi kepintaran sosial di www.parentingclub.co.id.

Optimalkan sinergi kepintaran si Kecil dengan nutrisi terbaik itu penting, lho, Mam! Yuk, cari tahu di sini! 

Yuk, Mam, dukung terus sinergi kepintaran Akal, Fisik, dan Sosial si Kecil dengan stimulasi dan nutrisi yang terbaik untuk si Kecil sesuai dengan tahapan usianya! Temukan info lainnya tentang nutrisi terbaik si Kecil di sini dan dapatkan nutrisi terbaik untuk si Kecil di sini!

 

*artikel ini source dari www.parentingclub.co.id 

 

(ADV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini