Sukses

Beras Ini Dijual Rp1,4 Juta per Kilo Gram, Apa Istimewanya?

Beras ini pun terdaftar sebagai beras termahal di dunia dalam Guinness World Records

Liputan6.com, Jakarta Jika saat ini umumnya 1 kilo gram beras dibanderol seharga Rp10.000 hingga Rp12.000, tidak demikian dengan beras yang satu ini. Beras asal Jepang yang dinamai Kinmemai Premium ini dijual dengan harga 109 dollar atau Rp1.473.462 per kilo gramnya. Tak heran bila beras ini pun terdaftar sebagai beras termahal di dunia dalam Guinness World Records, mengutip laman Fox News, Kamis (19/10/2017).

Beras Kinmemai Premium merupakan kombinasi lima varietas dari lima prefektur di Jepang, termasuk Guna, Nagano, dan Niigata. Kelima varietas tersebut didapat melalui seleksi ketat dalam kontes beras tahunan internasional di Jepang. Dalam kontes tersebut ada sekitar 6.000 tipe beras yang dilombakan.

Kinmemai Premium menggabungkan beras-beras kualitas terbaik yang juga melalui tahapan uji kecocokan oleh Toyo Rice Corporation. Beberapa varietas beras terbaik disaring dan diuji kecocokan tekstur dan rasanya. Proses ini memakan waktu sekitar setengah tahun, seperti dikutip dari laman The Peak Magazine.

Situs yang memasarkan Kinmemai Premium menawarkan dua macam beras, yakni beras cokelat dan putih. Kedua beras tersebut memiliki tekstur yang baik, proses memasak yang singkat, serta mudah dicerna. Khusus beras putihnya, Kinmemai Premium memiliki rasa yang gurih, lembap, dan ceamy ditambah dengan kandungan nutrisi yang jauh melebihi beras biasa.

Bedanya dari beras biasa, pada beras premium ini hanya dibuang lapisan luar yang tak bisa dicerna saja. Ini memungkinkan kandungan nutrisi pentingnya seperti B1, B6, E, B3, dan asam folat tetap terjaga. Kandungan lipopolisakarida (LPS) beras ini pun enam kali lebih tinggi dibanding beras biasa. Kombinasi zat-zat penting tersebut mampu meningkatkan sistem imun individu yang mengonsumsinya sehingga kemungkinan untuk terkena kanker pun berkurang.

Sejauh ini beras Kinmemai Premium dipasarkan secara daring dan baru akan dijual ke luar Jepang yakni Singapura pada 1 November mendatang. Beras akan dikirim langsung dari Tokyo.

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.