Sukses

Susu dari Produk Tempe Bantu Para Atlet Siap Bertanding

Sebelum pertandingan, atlet akan dianjurkan minum susu dari produk tempe selama latihan

Liputan6.com, Jakarta Asam amino pada tempe berguna untuk memperbaiki kerusakan otot setelah berolahraga. Tidak heran jika sebelum bertanding para atlet diberi susu dari produk tempe.

"Atlet yang mau ikut bertanding akan menjalani latihan. Supaya otot tidak lelah dan tetap kuat juga kencang, atlet ini dikasih minum susu dari produk tempe," kata Ahli Gizi dari Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Ir Ahmad Sulaeman MS PhD saat perjalanan Jelajah Gizi Malang 2017 di Kota Batu, Jawa Timur pada Jumat, 13 Oktober 2017.

Di luar dari asam amino, tempe juga mengandung isoflavon yang bersifat antioksidan. Bagi perempuan, anti-oksidan pada tempe membantu keseimbangan hormonal, yang dapat mencegah kesakitan saat PMS dan cegah menopause dini.

Tempe berasal dari kedelai. Besaran protein pada kedelai bisa mencapai 35 persen, bahkan pada varietas unggul dapat mencapai 40 sampai 43 persen. Sama besarnya jika kita mengonsumsi daging merah.

Seperti dikutip dari Huffington Post pada Rabu (18/10/2017), susu kedelai atau susu dari produk seperti tempe dapat mengalirkan asam amino yang besar ke dalam darah. Sehingga bagus untuk memperbesar massa otot, juga meningkatkan massanya.

Hasil dari sebuah penelitian memperlihatkan, atlet yang mengonsumsi susu dari produk tempe mengalami peningkatan massa otot cukup signifikan. Peningkatan massa otot ini baik di saat para atlet akan bertanding.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini