Sukses

Waspadai Bahaya Minum Air Es Setelah Makan

Apa saja bahaya yang mengintai bagi seseorang yang minum air es saat dan setelah makan.

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian besar orang, makan akan terasa nikmat jika dibarengi dengan minum air es. Padahal, ada bahaya kesehatan yang mengintai di balik kebiasaan tersebut.

Mengutip laman Step to Health, Rabu (18/10/2017), minum air es atau setelah makan dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Alasannya, suhu dingin dapat mengubah konsistensi makanan yang dikonsumsi. Hal ini membuat tubuh lebih sulit mencerna makanan.

Apalagi, jika makanan yang dikonsumsi mengandung lemak. Ini akan lebih berbahaya karena lemak cenderung mengeras bila dicampur dengan air es. Jika pencernaan menjadi lebih lambat, hal ini dapat menyebabkan gangguan refluks (asam lambung).

Selain itu, terlalu banyak minum air es juga memberikan efek buruk, yaitu dapat mengencerkan asam yang digunakan perut untuk memecah makanan. Hal ini jelas akan memperlambat proses pencernaan. Efeknya, orang mudah merasa lesu dan lelah setelah makan sehingga mengganggu aktivitas yang hendak dijalani setelah makan.

 

Saksikan video menarik berikut :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab sakit gigi dan migrain

Gangguan pencernaan lainnya yang mungkin terjadi yaitu sakit perut dan kembung. Hal ini terjadi karena beberapa makanan bisa mengembang saat dimakan bersama air, terutama air es. Rasa sakit itu akan semakin buruk apabila Anda terus menerus minum air es.

Biasanya, hal ini terjadi saat seseorang mengonsumsi makanan pedas dan mengandalkan air es untuk menetralkannya. Padahal, jika minum air saat mengonsumsi makanan pedas, makanan akan sulit dicerna, hal ini rentan menyebabkan diare.

Selain masalah pencernaan, minum air es setelah makan juga dapat menyebabkan sakit gigi, terutama pada orang yang memiliki gigi sensitif. Tak hanya itu, kebiasaan ini juga bisa memicu migrain dan jenis sakit kepala lainnya.

Menurut laman Step to Health, tubuh dirancang untuk mengonsumsi makanan dan minuman pada suhu yang sama. Mengonsumsi makanan dengan suhu yang kontra akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras.

Untuk menghindari masalah kesehatan yang dapat mengintai akibat minum air es, para ahli merekomendasikan minum air pada suhu kamar, bukan suhu yang terlalu dingin bagi tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini