Sukses

Apa Iya Setelah Makan Enggak Boleh Mandi?

Mandi ternyata tak dianjurkan setelah makan, mengapa demikian?

Liputan6.com, Jakarta Mandi bukan hanya baik untuk menjaga kesegaran tubuh, namun juga untuk melancarkan peredaran darah. Tapi, mandi ternyata tak dianjurkan setelah makan, mengapa demikian?

Melansir MensXP, Rabu (18/10/2017), mandi setelah makan bisa melemahkan sistem pencernaan. Mandi juga dapat meningkatkan aliran darah sehingga mempengaruhi jumlah darah yang masuk ke perut. Konsekuensinya, Anda bisa mengalami sakit atau kram perut. 

Kendati demikian, Dr. Roshini Rajapaksa, seorang ahli gastroenterologi di New York University School of Medicine, kondisi ini kerap terjadi saat seseorang berenang setelah makan. Namun belum ada penelitian kuat terkait hal tersebut.

Ahli jantung dan penasehat gaya hidup Dr. Philip Chua, seperti dimuat New York Times menyatakan, mandi (terutama yang hangat) memang mengalihkan darah dari perut ke kulit, tapi tidak mengganggu sistem pencernaan secara signifikan.

"Yang terpenting setelah makan, jangan memanjakan diri dengan aktivitas berat yang akan menghabiskan energi dari perut sebab Anda membutuhkan cukup darah untuk pencernaan," pungkasnya.

 

Simak juga video menarik berikut:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.