Sukses

Luapan Tangismu Ampuh Kurangi Rasa Sedih

Liputan6.com, Jakarta Ketika dilanda kesedihan, ada sebagian orang berusaha menahan diri untuk tidak menangis. Alasannya beragam, seperti takut dibilang cengeng atau tidak tangguh.

Sesungguhnya, tak perlu malu meluapkan rasa sedih dengan menangis. Studi membuktikan menangis ampuh mengurangi rasa sedih.

Menangis merupakan mekanisme tubuh dalam menghadapi rasa sedih. Menurut peneliti dari University of Tillburg, menangis merupakan cara untuk menyeimbangkan emosi.

Fakta ini diketahui setelah peneliti meminta 60 partisipan menonton satu dari dua film sedih yang ada. Entah itu film Italia La Vita e Bella atau film yang diangkat dari kisah nyata Hachi: A Dog's Tale.

Sesuai dugaan, hampir semua partisipan larut dengan perasaan sedih usai menonton film tersebut. Ada yang menangis tapi juga sebagian tidak.

Uniknya, peneliti mendapati orang menangis usai menonton film ini. Suasana hatinya kembali normal 90 menit kemudian. Hal ini menunjukkan menangis sebenarnya mampu meningkatkan suasana hati jadi lebih baik atas kejadian yang tak menyenangkan.

"Memang sesudah menangis tak langsung suasana hati meningkat jadi lebih baik, tapi butuh waktu," kata salah satu peneliti Asmir Gračanin mengutip Reader's Digest, Rabu (18/10/2017).

Jadi, tak perlu malu lagi untuk menangis. Jika tak ingin diketahui orang lain, bisa kok menangis tanpa perlu diketahui orang lain. Anda juga bisa menangis di hadapan orang yang dekat dan Anda percayai.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

Artikel Selanjutnya
Usai Konsumsi Minuman Manis, Kenapa Masih Haus?
Artikel Selanjutnya
7 Manfaat Hebat Dari Rajin Minum Air Hangat Pagi Hari