Sukses

Karakter Sesame Street Bisa Ajari Anak-anak Lepas Kemarahan

Liputan6.com, Jakarta Anak-anak bisa merasakan marah, kesal, tak nyaman, dan tak aman. Dan pekan lalu, Sesame Street merilis beberapa video cara menghadapi hal yang tak menyenangkan.

Salah satunya video berdurasi 2.15 menit berjudujl I Can Let My Feelings Out. Diceritakan salah satu karakter Sesame Street, Rosita, merasa frustrasi dan marah. Dia menceritakan perasaannya itu kepada Sophia.

"Sophia, aku benar-benar marah. Aku tidak bisa menyimpannya terus menerus," kata Rosita.

 Sophia menyiapkan bantal agar Rosita bisa meluapkan rasa marah dengan memukul bantal itu. (Foto: Youtube/ Sesame Street)

Sophia pun menyarankan agar Rosita melepaskan rasa kesalnya tapi dengan cara yang aman. Lalu, Rosita diminta untuk meluapkan rasa marah dan kesal dengan memukul bantal.

"Memukul bantal itu aman. Tidak ada yang terluka. Dan itu benar-benar bisa membantu melepaskan perasaan marahmu itu," saran Sophia.

Di video lain, ada Big Bird yang sedang merasakan kombinasi marah, sedih, ragu, cemas gara-gara sebuah kejadian menyakitkan. Si burung besar berwarna kuning itu meminta bantuan Alan cara menghadapi hal ini. Alan pun mengatakan kepada Big Bird untuk membayangkan sebuah 'tempat nyaman'.

Alan meminta Big Bird mengambil napas dalam-dalam terlebih dahulu agar tenang, lalu bayangkan sebuah tempat yang bisa membuat burung itu merasa benar-benar nyaman.

Ya, Sesame Stret lewat karakter Alan mengingatkan bahwa anak-anak juga bisa berhadapan dengan rasa trauma, stres, cemas. Orangtua atau wali punya peran besar untuk membantu anak melepaskan perasaan itu.

"Misalnya dengan menanyakan dan mendengar perasaan, bisa mengurangi kemungkinan yang lebih buruk terjadi pada anak-anak," kata Alan.

 

Simak juga video menarik berikut :

Artikel Selanjutnya
Lawan Ayahnya, Bocah Ini Beri Jurus Ampuh agar Tak Dihukum
Artikel Selanjutnya
Lakukan Hal Ini Jika Ingin Anak Jadi Orang Sukses