Sukses

Kulit Mulus dan Cerah Setelah Konsumsi 3 Makanan Ini

Liputan6.com, Jakarta Banyak wanita yang ingin mendapatkan kulit mulus dan cerah. Banyak cara dilakukan untuk mencapainya, namun sayangnya banyak wanita yang memilih cara instan. Padahal cara tersebut belum tentu aman.

Mengutip laman Everyday Health, Selasa (17/10/2017), kulit mulus dan cerah bisa didapatkan dengan rutin mengonsumsi makanan kaya nutrisi, seperti tomat.

Berikut ini beberapa makanan yang dapat membantu Anda mendapatkan kulit yang mulus dan bercahaya menurut saran Jessica Wu, M.D., asisten profesor klinis dermatologi di USC Medical School dan dokter kulit di Los Angeles.

1. Tomat

Tomat mengandung antioksidan kuat yang disebut lycopene. Zat ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Lycopene akan lebih efektif dikonsumsi jika sudah dimasak atau diproses, jadi makan saus tomat, pasta tomat, dan kecap cenderung lebih efektif daripada hanya mengonsumsi tomat mentah.

Lycopene juga larut dalam lemak, yang berarti diserap lebih mudah bila dikonsumsi dengan lemak, seperti telur, alpukat, dan minyak zaitun.

 

Saksikan video menarik berikut :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Daging merah

Daging merah tanpa lemak adalah salah satu makanan favorit Dr. Wu. Alasannya, makanan tersebut kaya protein dan zink.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa daging merah mungkin lebih baik dalam mengobati jerawat daripada antibiotik.

Untuk menghasilkan kolagen, kulit Anda membutuhkan asam amino glisin dan prolin, dan pewarna dalam daging merah memiliki konsentrasi tertinggi kedua asam amino ini.

"Ini adalah kofaktor penting karena tanpa zink cukup, sulit bagi kulit untuk membuat kolagen. Plus, zink adalah antiinflamasi alami," ucapnya.

3. Teh hijau

Bukan rahasia lagi bahwa teh hijau kaya akan antioksidan. Teh hijau memiliki efek antiinflamasi dan anti penuaan yang kuat berkat kandungan katekin yang tinggi.

Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat digunakan baik secara oral maupun topikal untuk membantu melindungi kulit dari sengatan sinar matahari dan kanker kulit yang berhubungan dengan UV.

Penelitian juga menunjukkan bahwa minum satu cangkir teh hijau dua kali sehari selama enam bulan dapat benar-benar mengatasi kerusakan kulit akibat sinar matahari dan secara signifikan memperbaiki masalah kemerahan pada kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.