Sukses

Mau Cepat Langsing? Ini Rahasianya

Bagi yang diet dianjurkan untuk makan buah apel sebelum makan besar

Liputan6.com, Jakarta Makan satu buah apel sebelum sarapan, membantu Anda menurunkan berat badan. Bobot perlahan berkurang, jika kebiasaan ini menjadi rutinitas sehari-hari.

"Kalau mau diet, pagi-pagi jangan makan nasi dulu, tapi apel. (Pilih) apel yang enggak asam," kata ahli gizi dari Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor, Prof Ir Ahmad Sulaeman MS PhD dalam rangkaian Jelajah Gizi Malang 2017 di Kota Batu, Jawa Timur, baru-baru ini.

Buah apel dikenal sebagai makanan yang sangat baik untuk kesehatan. Apel mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat, konsumsi satu buah seukuran genggaman tangan ini bisa menjauhkan kita dari dokter.

"Dengan makan apel sehari satu, kita bisa menambahkan asupan serat sebesar 30 persen," kata dia menambahkan.

Kandungan serat yang tinggi ini, kata Ahmad, membantu kita kenyang lebih lama dan tidak berlebihan dalam menyantap makanan yang telah disajikan untuk sarapan.

"Kalau kira-kira nantinya bakal lapar lagi, makan buah lagi. Bisa apel atau yang lainnya," kata Ahmad menekankan.

Lebih lanjut, apel mengandung berbagai vitamin, terutama vitamin larut air. Bahkan setelah difermentasi menjadi cuka apel, berguna sebagai anti hipertensi.

Akan tetapi, Ahmad tidak menyarankan kita makan buah apel dengan kulitnya. Meski kaya serat, ada lilin yang digunakan untuk melapisi apel agar lebih awet selama proses pengiriman ke Jakarta. Biasanya, ini untuk apel yang berasal dari negeri Paman Sam.

"Saya tidak menganjurkan makan dengan kulitnya, kecuali apel itu organik atau apel lokal seperti apel Malang," kata Ahmad menekankan.

 

Simak video menarik berikut : 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.