Sukses

Tidak Gampang Sakit, Manfaat Minum Air Nanas

Liputan6.com, Jakarta Nanas menjadi salah satu buah yang sering digunakan untuk bahan makanan, seperti rujak atau masakan asam pedas. Selain itu, rasa manis dan asam pada nanas membuatnya digemari banyak orang.

Nanas merupakan buah diuretik yang dapat menyehatkan sistem pencernaan, dan memilki sifat anti inflamasi. Selain itu, nanas memiliki kandungan serat tinggi, fitosterol, dan bromelain. Ini semua merupakan zat penting yang dapat menghapus racun di dalam tubuh.

Nanas juga merupakan sumber alami antioksidan kuat yang melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas di lingkungan. Buah ini termasuk rendah kalori sehingga dapat menjadi salah satu pilihan buah bagi orang yang sedang menjalankan diet.

Seperti yang dilansir dari laman Step To Health, pada Selasa, 17 Oktober 2017, nanas memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja?

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Air nanas mengandung vitamin C, nutrisi penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Bila Anda meminumnya pada waktu perut kosong, ini mengurangi risiko infeksi virus dan penyakit lain yang terkait dengan virus, bakteri, dan jamur.

2. Membersihkan hati dan usus besar

Enzim pencernaan dan antioksidan yang terkandung dalam nanas merangsang fungsi hati yang lebih baik untuk mengatasi kesulitan penghapusan racun. Kualitas pembersihan ini mempermudah penyaringan aliran darah.

Air nanas juga meningkatkan pengiriman oksigen ke sel dan merangsang pembebasan limbah. Sehingga memberi sedikit efek pencahar pada usus dan mencegah sembelit.

3. Bagus untuk tiroid

Air nanas mengandung yodium dan mineral penting lainnya yang mendukung fungsi kelenjar tiroid secara tepat. Mengonsumsi air nanas secara teratur dapat mengurangi risiko terkena kelainan tiroid.

Bromelain, senyawa aktif dalam nanas dapat mencegah perkembangan penyakit autoimun yang juga dapat dikaitkan dengan kerusakan tiroid.

4. Mengatasi peradangan

Bromelain, enzim pencernaan yang ditemukan dalam nanas, memiliki efek anti inflamasi yang kuat, sehingga bermanfaat bagi jaringan dan sistem tubuh.

Asupan regulernya dapat meningkatkan kualitas hidup pasien dengan gangguan inflamasi seperti arthritis dan penyakit tulang. Ini juga cara yang bagus untuk mengurangi lemak perut.

Minuman ini dapat mengendalikan radang usus dan produksi gas yang berlebihan.

Artikel Selanjutnya
7 Manfaat Hebat Dari Rajin Minum Air Hangat Pagi Hari
Artikel Selanjutnya
Rutin Minum Air Kelapa Selama 2 Minggu, Ini Hasilnya