Sukses

Pisang, Solusi Mudah untuk Masalah Jantung

Liputan6.com, Jakarta Pisang, buah kaya kandungan mineral potasium, dapat membantu mencegah serangan jantung dan stroke jika dikonsumsi setiap hari. 

Ini merupakan hasil pemeriksaan terhadap tikus setelah mendapatkan makanan dengan kadar potasium rendah, normal, dan tinggi. Para peneliti di University of Alabama mengatakan bahwa tujuan dari penelitian ini guna mengetahui bagaimana potasium memengaruhi aliran darah dan kesehatan arteri. 

Secara keseluruhan, tikus yang diberi diet rendah kalium memiliki arteri yang jauh lebih sulit dibanding yang tidak. Tikus yang mendapat kadar kalium tinggi menunjukkan pengerasan arteri secara signifikan lebih sedikit dan juga mengurangi kekakuan pada aorta mereka.

Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa potasium dapat menurunkan tekanan darah, tapi ini adalah yang pertama, menyelidiki dampak mineral pada kesehatan arteri.

Menurut para ahli, kalium meningkatkan fungsi jantung Anda dengan mengatur detak jantung, mencerna karbohidrat, dan membangun otot. Kombinasi dari fasilitas ini bisa membuat keajaiban bagi arteri Anda, mencegah penyakit jantung dan stroke di jalanan.

Kini, para peneliti berharap bisa menguji efek diet potasium tinggi pada manusia juga. Direktur asosiasi untuk British Heart Foundation, dr Mike Knapton mengatakan kepada The Sun, dengan penelitian lebih lanjut, mereka mungkin dapat melihat apakah penyakit itu terbentuk pada manusia dengan cara yang sama dan mengembangkan pengobatan.

Anda harus bekerja keras untuk mendapatkan asupan kalium yang direkomendasikan setiap hari. The National Institute of Health merekomendasikan bahwa orang dewasa mengonsumsi sekitar 3.500 mg kalium dari pisang per hari.

(Michelle Tania)

Artikel Selanjutnya
Makanan untuk Otot Setelah Olahraga
Artikel Selanjutnya
Kelelahan Mental? Atasi Dengan 4 Gaya Hidup Sederhana Ini