Sukses

Ketahui 5 Daftar Peralatan Bayi Baru Lahir yang Harus Dibeli

Liputan6.com, Jakarta Kelahiran bayi merupakan hal yang paling dinantikan setiap orang tua, apalagi pasangan yang baru menikah dan menantikan anak pertama. Selain menyiapkan proses persalinan buat istri tercinta dan biaya rumah sakit, hal penting yang wajib disiapkan adalah peralatan bayi.

Enggak lucu kan kalau bayi sudah lahir tapi peralatan bayi belum siap. Bukan hanya bunda saja yang harus tahu peralatan bayi, para ayah juga harus paham betul apa yang dibutuhkan sang bayi.

Pemilihan dan persiapan peralatan bayi baru lahir ini sangat penting. Jangan sampai beli peralatan yang tergiur bentuk yang lucu atau harganya yang murah saja, tapi juga harus tahu manfaat dan kualitasnya. Berikut ini adalah 5 daftar peralatan bayi baru lahir yang wajib bunda dan ayah persiapkan:

1. Peralatan Pakaian Bayi

Di usia kandungan 4-5 bulan biasanya dokter sudah bisa mendiagnosa bayi Anda laki-laki atau perempuan. Ketika usia 8 bulan, Anda bisa mengecek lagi untuk lebih tahu jenis kelaminnya. Ketika sudah ada jawaban, Anda bisa siapkan jenis pakaiannya.Walaupun bayi masih dibedong, tapi si kecil tetap membutuhkan baju. Jangan sampai bunda hanya memberikan gurita tanpa menutupnya dengan baju. Pilih setelan baju tangan panjang dan celana panjang, atasan dengan lengan pendek dan lengan panjang. Pilih baju yang mempunyai kancing didepan agar mudah saat memakaikan. Pastikan bahan yang lembut dan menyerap keringat. Jangan lupa siapkan topi, kaos tangan dan kaki, popok, jaket, popok, dan celana dengan tutup bagian bawah.

2. Peralatan Mandi

Setidaknya ada 9 hal yang Anda siapkan di daftar peralatan mandi. Bak mandi bayi, perlak mandi untuk alas ganti pakaian, sabun mandi batangan atau cair, shampoo, bedak, tisu basah, kapas, , minyak telon, handuk dengan bahan yang nyaman dan menyerap keringat. Jangan lupa siapkan gunting kuku, karena kuku bayi lebih cepat panjang.

3. Peralatan Tidur

Ketika memiliki bayi yang baru lahir, sebagai orang tua selalu ingin di dekatnya dan tidak ingin berpisah. Tapi baik bunda maupun bayi juga perlu tempat tidur yang nyaman sendirian. Lengkapi tempat tidur bayi dengan bantal dan guling yang nyaman. Selimut dengan bahan yang lembut, perlak besar dan kecil, alas bayi (kain yang mudah menyerap keringat). Pastikan juga fentilasi udara di ruangan bayi sangat baik, jangan terlalu panas maupun dingin.

4. Peralatan Kesehatan

Memiliki bayi yang baru lahir, Anda wajib melengkapi kebutuhan peralatan kesehatan. Minimal siapkan thermometer, kassa, betadine, dan minyak telon. Rutin cek suhu tubuhnya, karena bayi baru lahir rentan terhadap kondisi sekitar berbeda dengan orang dewasa.

5. Peralatan Bepergian

Tak selamanya, Anda berada di rumah bersama buah hati. Sesekali waktu Anda akan pergi ke luar rumah atau ke dokter untuk kontrol pasca melahirkan.

Siapkan tas dengan ukuran yang cukup untuk baju bayi, gendongan bayi silang hingga kereta bayi. Jika Bunda harus bepergian beberapa jam atau hari dan bayi butuh asupan asi, maka bunda perlu botol asi untuk menyimpan persediaan asi untuk bayi.

Mengingat perkembangan bayi yang sangat pesat, bunda dan ayah sebaiknya membeli perlengkapan bayi dalam jumlah yang cukup, tidak berlebihan. Buatlah daftar belanja di kelahiran pertama hingga bulan ketiga terlebih dahulu untuk menghemat dan mengefektikan kegunaan barang- barang yang anda beli.

Mencari peralatan bayi baru lahir yang terjangkau dan berkualitas Anda bisa temukan di Tokopedia, situs jual beli online terbaik di Indonesia dengan jutaan penjual. Di Tokopedia, Kamu bisa mendapatkan berbagai kebutuhan bayi, mulai dari bayi baru lahir sampai usia balita tersedia lengkap. Peralatan pakaian, mandi, hingga popok bayi berkualitas.

Kamu tidak perlu repot keluar rumah. Hanya dengan akses Tokopedia lewat laptop atau gadget dimanapun berada, Kamu akan langsung menemukan jutaan perlengkapan bayi online dari berbagai toko dengan harga terbaik.

 

(Adv)

Artikel Selanjutnya
Bayi Berbobot Lebih dari 6 Kg Lahir di Kalimantan Barat
Artikel Selanjutnya
Bahaya Tren Gosokkan Cairan Vagina ke Bayi yang Lahir Caesar