Sukses

Bahan-Bahan Alami Pembasmi Kulit Kusam

Liputan6.com, Jakarta Kulit kusam sering kali membuat wanita merasa kurang percaya diri. Banyak wanita merasa minder jika memiliki kulit kusam. Pasalnya, sebagian besar wanita mendambakan wajah cerah berseri dan bebas dari masalah pada wajah, termasuk kulit kusam.

Untuk mengatasi kulit kusam, banyak cara dapat dilakukan, misalnya menggunakan bahan-bahan alami seperti lemon dan madu. Berikut beberapa bahan alami yang dapat membantu mengatasi kulit kusam, seperti dikutip dari laman Style Craze, Senin (16/10/2017).

1. Lemon

Selain mengandung vitamin C, lemon juga mengandung antioksidan yang bisa mencegah penuaan kulit. Lemon juga diketahui dapat mencerahkan kulit wajah dan mengatasi kulit kusam.

Untuk mengatasi kulit kusam, Anda bisa meminum segelas jus lemon untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Selain itu, Anda juga bisa mencuci wajah Anda dengan perasan lemon sebagai antiseptik dan anti-inflamasi. Bulir-bulir lemon juga dapat Anda gosokkan pada leher dan wajah untuk menghilangkan noda hitam.

2. Madu

Madu mengandung antioksidan, antiseptik, dan antiinflamasi. Madu juga dapat membantu mencerahkan kulit wajah secara alami.

Untuk mengatasi kulit kusam, campur satu sendok makan madu dan jus lemon lalu oleskan pada wajah. Biarkan selama 10 menit sebelum dicuci dengan air. Khasiat lemon yang dapat memutihkan kulit dan madu yang menenangkan kulit dapat membuat kulit wajah bercahaya.

Selain itu, Anda juga bisa mengatasi kulit kusam dengan masker wajah yang terbuat dari madu dan oatmeal. Untuk membuatnya, campur satu kuning telur dengan dua sendok makan madu dan tiga sendok makan oat bubuk. Campur hingga menjadi pasta kental. Oleskan pada wajah dan bersihkan setelah 20 menit. Anda bisa melakukan ini seminggu untuk hasil yang lebih baik.

Saksikan video menarik berikut:

 

1 dari 2 halaman

3. Jeruk dan mentimun

Mentimun mengandung banyak cairan yang dapat menghidrasi tubuh, sementara jeruk mengandung antioksidan. Kombinasi keduanya dapat memberikan efek yang maksimal untuk mengatasi kulit kusam. Selain itu, mengoleskan jus mentimun setiap malam bisa membantu meringankan bintik hitam.

Siapkan scrub dengan mencampur dua sendok makan jus jeruk dan mentimun serta satu sendok makan tepung beras. Scrub ini dapat mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit bercahaya.

Anda bahkan bisa mengoleskan parutan mentimun pada wajah dan bilas setelah 15 menit. Oleskan jus jeruk ke wajah Anda dan bersihkan setelah 10 menit untuk mendapat wajah mengilap. Anda bahkan bisa menggunakan parutan kulit jeruk dengan jus mentimun sebagai scrub untuk menjaga kulit agar tidak kusam.

4. Stroberi

Stroberi kaya akan vitamin C dan antioksidan yang penting untuk mencegah keriput, garis halus, dan bintik-bintik gelap serta berkhasiat mempertahankan elastisitas kulit. Kandungan asam alpha hydroxyl dalam buah stroberi dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. 

Untuk mengatasi kulit kusam, rebus stroberi segar dan campurkan beberapa tetes madu ke dalamnya. Oleskan pada wajah dan bilas dengan air dingin setelah 20 menit. Anda juga bisa menggunakan air mawar dengan stroberi tumbuk untuk membuat kulit berseri.

Artikel Selanjutnya
Ramuan Masker Alami Pemutih Wajah
Artikel Selanjutnya
Resep Sampo Alami untuk Atasi Kerusakan Rambut