Sukses

Balita Ini Sudah Menstruasi, Kok Bisa?

Liputan6.com, Jakarta Sebagian wanita mulai menstruasi saat mereka memasuki usia remaja. Namun, balita dari New South Wales, Australia, mengalami menstruasi saat berusia empat tahun. Bahkan, ia akan segera menunjukkan tanda menopause. Hal ini disebabkan oleh penyakit Addison yang dideritanya.

Ibunya mengatakan kepada Mirror Online, anaknya, Emily Dover, pada usia yang tergolong masih balita telah tumbuh rambut kemaluan, payudara, jerawat dan bau badan. Seperti yang dikutip dari laman Independent, Senin (16/10/17).

Pada saat usia 5 tahun, berat badan Dover mencapai tujuh stone, sehingga membuatnya diintimidasi oleh teman sekolahnya karena kelebihan berat badan.

Ibu Dover, Tam (41) mengatakan anaknya bahkan tidak memiliki kesempatan untuk menjadi gadis kecil. Dover juga sangat sadar akan perbedaan tubuhnya dengan teman sekolah yang tidak dapat memahami tingkat keparahan kondisi Dover.

Dilahirkan sebagai bayi yang sehat, Dover mulai tumbuh dengan cepat dalam waktu sepekan dari kelahirannya. Pada usia empat bulan, dia tumbuh seukuran anak berusia 1 tahun. Pada usia 2 tahun, dia mulai mempunyai payudara dan jerawat.

Setelah bertahun-tahun melakukan tes dan analisis yang tidak meyakinkan, Dover didiagnosis menderita penyakit Addison pada usia 4 tahun.

Kelainan yang jarang terjadi pada kelenjar adrenal, kondisi Dover disebabkan kekurangan dua hormon utama, yaitu kortisol dan aldosteron.

Biasanya penyakait ini hanya menyerang orang dewasa di atas usia 30 tahun. Dalam beberapa kasus, ketika hal itu memengaruhi anak-anak, hal itu dapat memicu pubertas dini dan pengobatan hormon yang diperlukan untuk merangsang gejala menopause.

Dover juga berada pada spektrum autisme dan menderita gangguan kecemasan, yang merupakan gejala umum penderita Addison.

Ibu Dover telah menyiapkan laman GoFundMe untuk mengumpulkan dana guna mencukupi biaya terapi penggantian hormon yang akan dijalani putrinya.

"Ini dia, berharap kalian dapat membantu membuat perbedaan dalam kehidupan gadis kecil kita. Jadi dia bisa merasa seperti balita normal berusia 5 tahun," tulis ibunya dalam laman GoFundMe.

(Michelle Tania)

Artikel Selanjutnya
Resep Panjang Umur Orang-Orang Berusia 100 Tahun Lebih
Artikel Selanjutnya
Kisah Haru Dokter Theresia, Berikan RJP Sambil Menangis