Sukses

Harapan Emak-Emak Jakarta pada Pemimpin Baru, Anies-Sandi

Liputan6.com, Jakarta Pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih dalam Pilkada DKI Jakarta 2017, Anies Baswedan-Sandiaga Uno, akan dilantik hari ini, Senin, 16 Oktober, oleh Presiden Joko Widodo di Istana, Jakarta. Anies-Sandi akan menjabat hingga lima tahun ke depan. 

Di balik hadirnya pemimpin baru, terselip pula harapan baru terhadap Anies-Sandi dalam memimpin Ibu Kota Jakarta. Salah satu harapan hadir dari kalangan emak-emak Jakarta.

Harapan emak-emak Jakarta tak muluk-muluk terhadap duet Anies-Sandi. Secara umum, mereka hanya ingin janji-janji yang selama ini didengungkan pasangan tersebut segera direalisasikan.

Berikut harapan emak-emak terhadap pemimpin DKI Jakarta periode 2017-2022 Anies-Sandiaga:

1. Solusi atasi kemacetan di tengah pembangunan

Bagi Renny yang merupakan ibu bekerja, waktu adalah hal berharga. Namun, akhir-akhir ini waktunya dihabiskan di jalan gara-gara macet di banyak titik. Kemacetan makin menjadi ketika kendaraan pribadi membeludak, ditambah penyempitan jalan karena pembangunan. Jika dia naik Transjakarta dari Lebak Bulus ke Senen tempatnya bekerja butuh waktu tiga jam.

"Harapannya ada solusi nih buat working mom seperti saya. Ada solusi berangkat kerja tanpa harus kena macet. Kalau kelamaan macet, waktu bersama anak jadi berkurang," kata Renny saat dihubungi Liputan6.com via telepon.

2. Perbanyak moda transportasi umum jangkau pinggir Jakarta

Sekar Seruni warga Jakarta Selatan mengharapkan Anies dan Sandiaga segera merealisasikan janji mengenai perluasan daya jangkau transportasi.

"Sebagai ibu yang sering menggunakan transportasi umum, saya harap armada Transjakarta diperbanyak. Termasuk yang terintegrasi bus pengumpan di daerah yang sulit dijangkau," katanya.

Ibu satu ini anak juga mengingatkan agar Anies dan Sandiaga betul-betul memerhatikan kualitas transportasi umum. Seperti kelaikan bus dan angkot hingga kualitas sopirnya agar tidak ugal-ugalan.

 

1 dari 2 halaman

Segera realisasikan DP nol persen

3. Realisasikan rumah DP nol persen

Baik Seruni dan Renny sama-sama ingat janji Anies-Sandi tentang pembelian rumah dengan down payment (DP) nol persen. "Itu yang paling penting untuk segera direalisasikan," kata Seruni.

4. RPTRA ditambah

Di tengah minimnya ruang publik untuk anak, beberapa tahun terakhir pemerintah DKI Jakarta menghadirkan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Harapan terhadap kualitas RPTRA yang semakin baik saat Anies-Sandi menjabat pun muncul dari banyak ibu.

"Saya sih enggak muluk-muluk. Lanjutkan atau perbagus lagi RPTRA. He-he-he. Ada banyak kegiatan positif di tempat itu," kata ibu satu anak, Fitri Syarifah.

Ditambahkan ibu dua anak Fadjriah dari Jakarta Selatan, hendaknya fasilitas RPTRA ditambah. Dia berharap dalam masa kepemimpinan Anies-Sandi ada perpustakaan di setiap RPTRA.

5. Perjelas program KJP Plus

Fadjriah juga menginginkan pendidikan yang lebih baik bagi buah hatinya. Dia menginginkan KJP-Plus yang diprogramkan Anies-Sandiaga bisa direalisasikan.

"KJP-Plus kan juga program Anies-Sandi. Nanti semua pelajar di DKI dapat KJP, baik negeri maupun swasta. Cuma sistemnya belum jelas," katanya.