Sukses

Ternyata Ayah Lebih Banyak Bersantai daripada Ibu di Hari Libur

Liputan6.com, Jakarta Saat hari libur seperti Sabtu dan Minggu, para ayah bekerja yang baru memiliki anak memilih menghabiskan waktu untuk bersantai. Sementara sang ibu juga juga bekerja justru menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengurus anak dan pekerjaan rumah tangga lainnya.

Hasil studi yang dipublikasikan dalam jurnal Sex Roles, begitu memperlihatkan perbedaan proporsi ayah dan ibu bekerja yang baru saja memiliki anak dalam melakukan tugas rumah di hari libur. Ayah cenderung menghabiskan waktu 101 menit bersantai di hari libur. Sementara ibu hanya 46-49 menit.

Peneliti dari The Ohio State University, Claire Kamp Dush, terkejut  mendapati pembagian tugas rumah tangga dan mengurus anak yang tidak proporsional ini juga terjadi pada keluarga kelas menengah atas.

"Kami berharap keluarga menengah ke atas mempraktikkan pembagian tugas yang baik, tapi hal itu nyatanya tidak dipraktikkan," kata Dush mengutip Health, Minggu (15/10/2017).

Penelitian ini memang hanya pada lingkup kecil dan homogen yakni 52 pasangan di Ohio, Amerika Serikat. Namun, Dash khawatir proporsi pria dan wanita dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan mengurus anak pada kelas yang lebih rendah lebih jomplang dari temuannya ini.

Walau begitu, Dash berharap hasil studinya ini membukakan mata pasangan yang baru menjadi ayah dan ibu untuk lebih peka terhadap peran dan tanggung jawab dalam sebuah hubungan.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

Artikel Selanjutnya
5 Gaya Libur Panjang Anti Ribet Tanpa Harus ke Luar Kota
Artikel Selanjutnya
Mau Tetap Prima Saat Libur Panjang, Terapkan 5 Tips Ini