Sukses

5 Makanan yang Sebaiknya Anda Konsumsi Saat Haid

Konsumsi makanan berikut ini dapat membantu melancarkan haid dan mengurangi nyeri.

Liputan6.com, Jakarta Pola makan yang tidak baik seringkali membuat haid semakin menyakitkan, misalnya jika Anda mengonsumsi air dingin atau kopi. Untuk itu, penting untuk mengetahui makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi saat haid. Hal ini bertujuan agar haid bisa lancar dan terhindar dari rasa sakit.

Mengutip laman She Knows, Sabtu (14/10/2017), setidaknya ada lima makanan yang sebaiknya Anda konsumsi saat haid.

1. Sayuran hijau

Menurut Dr. Christine O'Connor dari The Gynecology Center, sayuran hijau dapat memberi manfaat bagi tubuh terutama saat haid. Selain kaya akan zat besi dan vitamin B, sayuran hijau juga mengandung serat tinggi. Tak heran kalau dapat mengatasi masalah pencernaan yang sering mengganggu saat siklus haid datang.

2. Kacang-kacangan

"Daripada mengonsumsi makanan manis, lebih baik mengonsumsi kacang. Kacang mengandung lemak baik atau omega-3 yang dapat membantu Anda mengatasi rasa nyeri dibanding camilan yang terbuat dari makanan cepat saji," ucap O'Connor.

 

Saksikan video menarik berikut :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Buah segar

Makanan lain yang patut Anda konsumsi saat haid adalah buah-buahan. Alasannya, buah dapat melancarkan sistem pencernaan dan mencegah Anda mengalami penumpukan gas dalam perut.

4. Gandum

Sama seperti buah, serat dalam gandum bisa membantu pencernaan tetap sehat terutama selama menstruasi. Selain itu, biji-bijian dan gandum utuh juga termasuk karbohidrat kompleks, yang menyediakan vitamin dan mineral penting.

5. Daging merah

Hal penting lainnya yang tidak boleh terlupakan adalah darah yang Anda keluarkan harus diimbangi dengan asupan zat besi. Hal ini penting agar Anda terhindar dari anemia.

"Diet tinggi zat besi membantu menghindari anemia dan gejala yang bisa menyertainya," kata Dr. Sharon R. Thompson dari Pusat Obstetri dan Ginekologi Phoenix Tengah.

Wanita yang makan daging merah akan mendapatkan cukup zat besi dari makanan. Namun, jika Anda bukan pemakan daging, Dr. Thompson merekomendasikan untuk mengonsumsi suplemen demi menjaga zat besi yang memadai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.