Sukses

Anda Lagi Diet Ketat? Cek Dulu 8 Tanda Tubuh Kurang Makan

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda sedang menjalani program diet ketat? Berat badan Anda berhasil turun? Kalau iya, ketahuilah tanda-tanda Anda kurang makan.

Anda mungkin sudah menghindari beberapa makanan yang sukses menurunkan berat badan. Tapi, jika dalam jangka panjang tubuh tak cukup kalori, ini bisa berdampak buruk buat kesehatan.

Berikut gejala di tubuh yang menunjukkan Anda kalau Anda tergolong kurang makan seperti dilansir dari TheHealthSite, Sabtu, (14/10/2017)

1. Lelah sepanjnag waktu

Apabila mengerjakan tugas rumah tangga, Anda mungkin perlu lebih banyak makan. Menjadi lelah setiap saat adalah pertanda tubuh Anda kekurangan bahan bakar untuk meningkatkan metabolisme. Studi menunjukkan, salah satu penyebab kelelahan adalah asupan kalori yang tidak cukup.

2. Pelupa

Diet yang tak menentu membuat defisit kalori yang berhubungan dengan gangguan kinerja kognitif dan memori. Apabila Anda lupa menempatkan kunci atau melupakan nama rekan kerja Anda selama tiga tahun, Anda bisa saja karena defisit kalori.

3. Rambut rontok

Warna, tekstur dan ketebalan rambut Anda berbanding lurus dengan kesehatan Anda. Tak heran rambut disebut barometer kesehatan manusia.

4. Anda sering lapar

Tanda lain yang jelas adalah perut Anda selalu keroncongan, memikirkan makanan. Membatasi kalori dapat menyebabkan ghrelin dan leptin, hormon lapar Anda, menjadi kacau. Hal ini bisa memicu kalap makan dan kenaikan berat badan.

 

 

Simak juga video menarik berikut:

 

1 dari 2 halaman

5. Berat badan naik di sekitar perut

Anehnya, tidak cukup makan bisa membuat Anda bertambah gemuk. Diet rendah kalori menyebabkan hormon stres kortisol Anda naik. Hormon ini terkenal menyebabkan kenaikan berat badan di daerah tengah.

6. Anda selalu merasa dingin

Apakah Anda satu-satunya di ruangan yang menginginkan AC dimatikan? Bisa berarti Anda tidak cukup makan. Malnutrisi jangka panjang dan pembatasan kalori menurunkan suhu tubuh inti Anda.

7. Tidak menstruasi dan Anda tak bisa hamil

Masa lalu juga bisa menjadi pertanda kebiasaan buruk makan Anda. Diet dengan mengurangi makanan bergizi dapat menyebabkan amenore atau tidak menstruasi pada wanita. Dengan tidak adanya ovulasi, wanita akan lebih sulit hamil. Sebelum Anda mencurigai kemungkinan hamil, kembalikan dulu pola makan normal Anda. 

8. Anda selalu mudah tersinggung

Pernah mencoba berbicara dengan orang yang kelaparan? Mereka pasti ribut. Ilmu pengetahuan mengatakan tidak cukup makan dapat menyebabkan ketakutan, iritabilitas dan perubahan suasana hati secara keseluruhan.

Artikel Selanjutnya
6 Makanan Kecil yang Bantu Bikin Tubuh Langsing
Artikel Selanjutnya
Mengapa Anda Tidak Bisa Berhenti Makan? Ini 8 Alasannya