Sukses

Tragedi yang Terjadi Saat Black Friday, Istilah Jumat Tanggal 13

Liputan6.com, Jakarta Tanggal 13 yang jatuh pada hari jumat disebut dengan istilah Black Friday di beberapa negara. Takhayul ini dianggap sebagai hari sial dan membuat sebagian enggan untuk keluar rumah. Ketakutan terhadap hari jumat yang jatuh tanggal 13 juga dikenal dengan istilah ilmiah yaitu paraskevidekatriaphobia.

Pada tahun ini, tanggal 13 yang jatuh pada hari jumat terjadi dua kali, yaitu pada januari dan oktober. Hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang membuat kita harus takut terhadap sesuatu hal buruk yang mungkin akan terjadi pada black friday. Meski begitu, ada beberapa hal buruk yang terjadi di beberapa negara pada tanggal 13 yang jatuh pada hari jumat, seperti dilansir dari laman Ranker, Jumat (13/10/2017).

1. Insiden Wal-Mart

Salah satu insiden yang terjadi saat black friday pada 2008 di Long Island Wal-Mart. Insiden ini menyebabkan lebih dari 2.000 orang terinjak-injak saat hendak ke toko. Hal ini terjadi tepat lima menit sebelum toko dibuka.

Menurut seorang karyawan, saat hal itu terjadi, dia berusaha menghambat keramaian yang terjadi di dalam toko. Namun dia tidak berhasil dan hal ini menyebabkan kerumunan menginjak seorang karyawan berusia 34 tahun.

Ketika pegawai Wal-Mart lain mencoba menolong pria itu, dia justru ikut terinjak. Ketika polisi dan paramedis tiba, orang-orang terus mendorong melewati mereka. Kondisi ini membuat polisi menutup toko tersebut secara paksa.

2. Wanita hamil keguguran

Kejadian tragis saat black friday lainnya yaitu saat seorang wanita hamil mengalami keguguran. Insiden ini terjadi di tempat yang sama dimana pekerja Wal-Mart terbunuh, membuat kawasan perbelanjaan bersejarah tahun 2008 berada di daerah tersebut.

Wanita hamil delapan bulan itu mungkin sudah menunggu untuk membeli barang untuk bayi yang baru lahir. Namun, dia mengalami keguguran akibat berdesakan di dalam toko. Kejadian ini merupakan kisah yang paling menyeramkan yang bisa dibayangkan.

 

Saksikan video menarik berikut:

 

1 dari 2 halaman

3. Wanita hamil terinjak

Pada tahun 2005, pembeli menginjak-injak, mendorong dan menjatuhkan orang, termasuk wanita hamil lagi.

Tragisnya, kebanyakan orang yang melihat kejadian tersebut hanya berjalan melewatinya dan tidak ada yang mencoba membantunya. Kemudian, dia dikawal ke rumah sakit melalui ambulans.

4. Mobil terguling

Sebuah kecelakaan mobil benar-benar menimbulkan tragis ketika satu remaja meninggal dan empat lainnya dikirim ke rumah sakit. Di Belmont, South Carolina, empat penumpang tertidur di mobil remaja itu setelah seharian berbelanja di Black Friday. Sayangnya, pengemudi remaja itu sepertinya juga mengantuk.

Tidak ada tanda-tanda pecah saat mobil berwarna biru itu melaju kencang dan menabrak sebuah tanda gas di depan sebuah pompa bensin di luar jalan.

5. Tersambar petir

Seorang anak berusia 13 tahun di Suffolk, Amerika Serikat, disambar petir pada pukul 13:13. Meskipun kedengarannya tidak masuk akal, peristiwa ini melibatkan begitu banyak angka 13, termasuk usianya yang tepat 13 tahun. Dia tersambar petir di Seafront Air Festival Lowestoft pada Agustus 2010 silam. Untungnya, hidup anak itu masih dapat diselamatkan. Dia hanya menderita luka bakar ringan dari insiden tersebut.

Meski sebagian orang masih percaya dengan takhayul ini, namun di Amerika, istilah black friday kini dijadikan hari diskon belanja dan hal ini dianggap keuntungan bagi para investor.