Sukses

Jangan Keliru, Ini Cara Ukur Bra yang Benar

Liputan6.com, Jakarta Demi merayakan Hari Tanpa Bra yang jatuh pada 13 Oktober, kebanyakan wanita akan melakukan aksi dengan tidak mengenakan bra seharian untuk meningkatkan kesadaran tentang kanker payudara. 

Sebaiknya, kampanye ini juga diimbangi dengan pemahaman yang baik tentang segala hal yang berkaitan dengan bra dan payudara, misalnya dengan memahami cara mengecek ukuran bra yang benar.

Hal ini tentunya akan membantu Anda untuk dapat memilih bra yang tepat agar terhindar dari risiko nyeri punggung dan dada. Untuk dapat mengukur bra dengan tepat, berikut ini cara perhitungannya, seperti dikutip dari laman Her Style Code, Jumat (13/10/2017).

Perhitungan yang harus Anda lakukan saat mengukur ukuran bra cukup sederhana, tapi hal ini bisa membingungkan jika Anda tidak mengerti cara mengukurnya. Pada dasarnya, untuk menentukan jenis cup dan ukuran secara akurat, Anda perlu mengukur lingkar tulang rusuk dan di lingkar payudara.  

Hal ini dilakukan dengan cara mengukur lingkar rusuk dan lingkar payudara dengan pita pengukur. Hasil itungan itulah yang nantinya akan digunakan untuk menentukan ukuran bra dan jenis cup bra yang tepat untuk digunakan. Ukuran bra yang tersedia adalah 32, 34, 36, 38, 40 dan seterusnya. Sementara, jenis cup yang tersedia adalah A, B, C, D dan seterusnya.

 

Saksikan video menarik berikut :

 

 

1 dari 3 halaman

Menghitung ukuran bra dan jenis cup

Untuk mengukur ukuran bra, lingkarkan pita pengukur pada lingkar tulang rusuk Anda. Hasilnya, Anda akan mendapatkan angka dalam inchi yang berkisar 32 hingga 40. Inilah nantinya yang akan menjadi ukuran bra Anda. Setelah itu, ukurlah lingkar dada Anda dengan meletakkan pita ukur di atas puting payudara Anda mengitari tubuh.

Setelah Anda mendapatkan kedua angka tersebut, yang harus Anda lakukan adalah mengurangi jumlah ukuran lingkar tulang rusuk dengan angka yang Anda dapatkan dari mengukur lingkar payudara Anda. Hasil pengurangan ini nantinya mewakili ukuran cup Anda. 1 adalah A, 2 adalah B, 3, adalah C, 4 adalah D, dan seterusnya.

Saat mengukurnya, penting untuk memastikan bahwa Anda mengukur di tempat yang tepat. Jika Anda meletakkan pita pengukur di area yang salah, hasilnya menjadi tidak akurat dan ini menyebabkan Anda membeli bra dengan ukuran yang tidak tepat.  

2 dari 3 halaman

Pantau ukuran bra secara berkala

Payudara wanita seringkali mengalami perubahan ukuran dan bentuk seiring bertambahnya usia. Misalnya, saat Anda pubertas ukuran payudara Anda akan berbeda saat semakin dewasa.

Begitu pula saat Anda menginjak usia di atas 30 tahun. Untuk itu penting untuk mengukur ukuran bra Anda secara berkala untuk memastikan apakah ukuran bra yang Anda pakai saat ini masih sesuai dengan ukuran yang seharusnya.

Selain itu, hindari membeli bra berukuran free size karena seringkali bra tersebut tidak sesuai dengan ukuran payudara Anda. Jika Anda mengabaikannya, Anda tidak hanya terganggu dengan ketidaknyamanan dari ukuran tersebut namun Anda berisiko terkena gangguan kesehatan akibat bra yang terlalu ketat atau sebaliknya.

Artikel Selanjutnya
Tak Punya Passion? Kenali Keahlian Anda Dengan Cara Berikut
Artikel Selanjutnya
Ini 4 Cara Menanggapi Pembohong