Sukses

5 Bahan Rumahan yang Ampuh Redakan Sakit Gigi

Liputan6.com, Jakarta Sakit gigi selama berhari-hari terkadang terasa tak tertahankan. Jika hal ini terjadi, tentu perlu segera mengunjungi dokter gigi.

Namun jika hari itu dokter gigi Anda tengah tidak ada jadwal praktik, ada beberapa bahan rumahan yang bisa meredakan sakit gigi. Mulai dari kumur dengan air garam hingga kompres es, berikut lima cara mengurangi rasa nyeri sakit gigi berbahan rumahan mengutip WebMD, Jumat (13/10/2017).

1. Kumur air garam

Salah satu hal terbaik sembari menunggu jadwal praktik dokter gigi adalah berkumur-kumur dengan air garam. Campuran yang direkomendasikan adalah setengah sendok teh garam dengan 30 ml air.

2. Kompres es di pipi

Gusi bengkak dan merah yang disertai demam bisa jadi tanda adanya infeksi serius pada akar gigi. Sebelum pergi ke dokter, coba kompres es yang sudah dibalut kain lalu tempelkan ke area yang bengkak untuk meringankan rasa sakit.

3. Pegang es

Ambil satu blok es batu kecil, lalu pegang menggunakan jempol dan telunjuk pada sisi tubuh yang sama dengan letak gigi yang sakit. Misalnya sakit gusi bagian kanan, pegang es menggunakan jempol dan telunjuk tangan kanan. Pegang sambil gosok-gosokkan di bagian antara ibu jari dan telunjuk sampai agak terasa mati rasa. Menurut ilmuwan cara ini mampu menganggu sinyal pengirim rasa sakit ke otak.

4. Oles minyak cengkeh

Ini salah satu obat alami untuk mengurangi sakit gigi. Caranya, ambil kapas atau cotton bud, lalu oleskan ke bagian gigi yang sakit. Walau setelahnya terasa lebih nyaman, jangan lupa tetap memeriksakan diri ke dokter gigi.

5. Kunyah bawang putih

Satu lagi, Anda bisa mengunyah bawang putih untuk mengurangi rasa sakit. Kandungan senyawa alisin mampu mengurangi sakit gigi.

 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

Artikel Selanjutnya
5 Ide Brilian Manfaatkan Teh Celup Bekas
Artikel Selanjutnya
Ramuan Masker Alami Pemutih Wajah