Sukses

Terbukti, Bersihkan Gigi Pakai Minyak Kelapa Bermanfaat

Liputan6.com, Jakarta Beberapa saat lalu, beberapa orang seperti rapper Tinie Tempah memperlihatkan aksinya membersihkan gigi di pagi hari menggunakan minyak kelapa. Banyak orang yang ragu akan hal tersebut, tapi sebuah fakta ilmiah menunjukkan manfaat dari kebiasaan tersebut.

Kebiasaan mengoleskan minyak kelapa ke gigi rupanya salah satu prosedur yang efektif mengurangi plak-plak di gigi. Bila jumlah plak berkurang, risiko terkena penyakit gusi pun berkurang seperti dalam studi yang dipublikasikan di Nigerian Journal of Medicine Maret-April 2015.

Sayangnya, hal tersebut baru dilakukan dalam partisipan jumlah kecil. Studi ini hanya melibatkan 60 orang 16-18 tahun yang menambahkan rutinitas membersihkan mulut dengan mengoleskan minyak kelapa selama 30 hari. Dengan catatan, orang-orang ini juga rutin menggosok gigi ya.

Baru tujuh hari pemakaian, jumlah plak pun berkurang secara signifikan. Bahkan terus menerus turun dalam jangka waktu sebulan mengutip laman Healthista, Jumat (12/10/2017).

BErikut cara mudah membuat sendiri scrub dari minyak kelapa yang bikin bibir pink alami tanpa lipstik.

"Minyak kelapa merupakan salah satu minyak mudah didapat. Minyak ini unik karena di dalamnya ada kandungan asam laurat (lauric acid) yang terbukti memiliki efek antiperadangan dan antimikroba," kata salah satu peneliti dari Kennur Dental College di India.

Sesungguhnya, kebiasaan membersihkan gigi menggunakan minyak termasuk minyak kelapa telah dilakukan sejak 3000 tahun lalu dalam pengobatan India Kuno, Ayuverdic. Caranya ambil satu sendok teh minyak lalu dioleskan ke area gigi. Kemudian didiamkan selama 20 menit. Menurut pengobatan Ayurvedic, cara ini mampu membuat napas lebih segar.

Saksikan juga video menarik berikut:

 

Artikel Selanjutnya
Tata Cara Bersihkan Gigi Balita dengan Benar
Artikel Selanjutnya
Cara Hilangkan Noda Oli pada Pakaian