Sukses

Wanita Hamil, Telur Setengah Matang dan Mentah Kini Aman Dimakan

Liputan6.com, Inggris Hampir 30 tahun, wanita hamil dan anak-anak tidak disarankan makan telur setengah matang maupun yang mentah. Hal ini dikarenakan adanya bakteri salmonella, yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

Kini, telur dapat aman dimakan, baik wanita hamil dan anak-anak. Inggris berhasil membuat gebrakan telur yang nyaris bebas dari bakteri salmonella.

Food Standards Agency menerapkan, produksi telur yang ditandakan dengan cap "Lion Mark." Cap dari telur ini berarti telur sudah melalui program vaksinasi dan perbaikan kesejahteraan hewan.

Program vaksinasi mulai diterapkan produsen telur di Inggris tahun 1990-an.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

1 dari 3 halaman

Rendah salmonella

"Lion Mark" di Inggris yang dicap pada telur berwarna tinta merah. Dari cap yang ada pada telur, konsumen dan pihak terkait dapat menelusuri kembali peternakan, tempat telur diproduksi.

Food Standards Agency, Heather Hancock mengatakan, telur setengah matang dan mentah sekarang bisa dimakan semua orang, dilansir dari BBC, Kamis (12/10/2017).

Risiko salmonella sekarang sangat rendah sehingga Anda tidak perlu khawatir. Mau Anda orang dewasa yang sehat, wanita hamil atau lanjut usia, juga anak-anak, aman makan telur, laporan dari captionScience.

2 dari 3 halaman

Standar keamanan tinggi

Peternak telur, David Brass mengatakan, pengenalan standar "Lion Mark" di Inggris telah membuat perbedaan.

"Dari awal tahun 1980-an, ketakutan soal bakteri salmonella merebak luas. Masyarakat jadi takut makan telur. Adanya cap "Lion Mark"  sebagai bukti kalau telur bebas salmonella. Ini kode makanan yang brilian," ujar David, yang mendirikan peternakan telur The Lakes Free Range Egg Company, di luar kota Penrith, tepi Lake District.

Agar telur lebih aman dimakan, konsumen juga harus memerhatikan penyimpanan telur. Sebaiknya, simpan telur di tempat yang sejuk dan kering.

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Kenapa Ibu Hamil Sering Ngidam?
Artikel Selanjutnya
Saat Pubertas, Anak Perempuan Perlu Nutrisi Khusus