Sukses

Catat Saran Ahli Gizi bagi Para Penggemar Seblak

Liputan6.com, Jakarta Penggemar seblak bisa jadi khawatir setelah beberapa saat lalu beredar pesan yang menyebar di media sosial mengatakan kerupuk seblak kenyal pemicu usus buntu. Menurut ahli gizi Institut Pertanian Bogor, Hardinsyah, kerupuk kenyal itu bisa diproses di saluran pencernaan.

"Kan kerupuk itu dari aci terus dikasih bumbu. Makanan saat dikonsumsi masuk lambung lalu masuk usus sudah seperti pasta. Kikil saja, yang lebih kenyal bisa diproses," kata Hardinsyah dihubungi Health-Liputan6.com beberapa saat lalu ditulis Kamis (12/10/2017).

Walau bisa diproses di saluran pencernaan, tidak tepat juga bila mengonsumsi seblak setiap hari. Berikut saran Hardinsyah bagi penggemar makan seblak.

1. Frekuensi makan

Mengonsumsi segala sesuatu tak boleh berlebihan. "Ya kalau masih sekali seminggu itu wajar, enggak apa-apa," katanya.

2. Porsi secukupnya

Walau amat doyan sekali dengan seblak, secukupnya saja saat makan. Jangan makan seblak semangkuk besar sekali.

3. Kombinasikan dengan bahan pangan lain

Hardinsyah menyarankan untuk mengonsumsi beragam makanan. Jadi bila sudah makan seblak siang hari, nanti sore atau malam jangan lupa makan buah dan sayur. Atau bisa juga memesan seblak dengan varian sayuran.

"Mengonsumsi makanan secara beragam itu membantu untuk saling melengkapi kebutuhan gizi yang diperlukan tubuh," katanya.

Jangan lupa juga minum air secukupya, bukan sekadarnya. Kehadiran cairan yang cukup membantu pencernaan jadi lebih lancar.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

Artikel Selanjutnya
Bahaya, Tren Camilan Manis untuk Anak Terus Meningkat
Artikel Selanjutnya
Melakukan Kegiatan Seni di Usia Tua Bisa Cegah Pikun