Sukses

Perkawinan Anak Juga Ada di Keluarga Kaya

Perkawinan usia anak-anak tak cuma didominasi keluarga miskin. Data menunjukkan anak dari keluarga kaya ada yang menikah di bawah 18 tahun

Liputan6.com, Jakarta Data UNICEF menunjukkan, perkawinan anak rentan terjadi pada keluarga miskin. Namun, ada satu dari enam anak dari keluarga kaya yang menikah sebelum usia 18 tahun.

"Perkawinan anak ini memang PR besar. Tidak hanya keluarga miskin, ini terjadi di segala tingkatan ekonomi," tutur Deputi Tumbuh Kembang Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Lenny Rosalin di Jakarta pada Rabu (11/10/2017).

Menurut Lenny, ada beberapa faktor yang membuat seorang anak dari keluarga kaya menikah di usia bawah 18 tahun. Mulai dari kebudayaan yang turun menurun, bisa juga karena keinginan melanjutkan keturunan yang berasal dari keluarga tertentu.

Terkait hal ini, pemerintah lewat Kementerian PPPA membuat pusat pemberdayaan keluarga. Sehingga bisa mengadvokasi keluarga yang masih memiliki pemikiran seperti di atas untuk tidak mengawinkan anaknya di usia bawah 18 tahun.

"Kami targetnya memang bukan hanya mengadvokasi anak tapi juga keluarga. Lalu, anak-anak juga harus pintar, agar bisa mengatakan tidak bila akan dinikahkan di usia muda. Dan keluarganya dipintarkan lewat informasi yang tepat (akan bahaya anak nikah dini)," tutup Lenny.

Perkawinan anak memiliki dampak buruk dari banyak sisi. Pertama, anak perempuan yang hamil di usia muda organ reproduksi belum siap. Bakal muncul risiko komplikasi janin dan angka kematian tinggi. Kedua, memutuskan hak-hak anak perempuan mendapatkan pendidikan. Ketiga, anak perempuan yang menikah usia muda rentan mendapatkan kekerasan.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini