Sukses

Yoga Bisa Membahayakan, Hati-hati

Liputan6.com, Jakarta Yoga yang tepat dan rutin dapat meningkatkan kekuatan fisik dan fleksibilitas tubuh. Namun, yoga juga menyebabkan kondisi tubuh Anda malah nggak fit bahkan sakit juga membahayakan. Dengan catatan, bila dilakukan dengan cara tidak tepat. Ada masalah kesehatan tertentu yang mungkin dihadapi jika Anda mempraktikkan yoga dengan tidak benar.

Minakshi Fullara, Chief Consultant of Physiotherapy dari Aakash Healthcare pernah melakukan yoga berlebihan. Ia juga melakukannya dengan tidak benar sehingga menyebabkan rasa nyeri kronis dan luka akut. 

Salah satu gerakan yoga yang berisiko dilakukan dengan cara keliru adalah pose yang disebut Paschimottanasana atau dalam bahasa Inggrisnya disebut Seated Forward Bend. Pose ini dilakukan dengan duduk pada posisi kaki lurus saling menempel. Lalu Anda bungkukkan badan hingga kepala menyentuh lutut. Lakukan selama beberapa menit.

Gerakan ini membuat tulang punggung Anda tertarik, otot-otot di seluruh bagian sisi tubuh juga. Gerakan ini dilakukan tanpa menekuk lutut sama sekali. Posisi yang membungkuk akan memberikan beban langsung pada tulang belakang sehingga memberi bentuk tubuh seperti huruf 'C'.

Posisi yoga ini sulit dilakukan dan banyak yang keliru. Ini karena adanya tekanan yang diberikan pada ligamen dan stabilitas sendi, dilansir dari Doctor NDTV, Rabu (11/10/2017).

 

Simak video menarik berikut ini:

1 dari 2 halaman

Bentuk cedera

Dalam mempraktikkan Paschimottanasana, Anda harus bisa menjaga keselarasan dan keseimbangan postur tubuh. 

Bentuk cedera yang paling umum terjadi adalah cedera pergelangan tangan. Ini karena postur yoga tertentu membutuhkan dukungan pergelangan tangan. 

Cedera lain berupa manset rotator -- iritasi dan peradangan pada otot tendon -- karena postur tubuh tidak seimbang.  Manset rotator akan memengaruhi gerakan bahu.

Sebelum melakukan yoga, Anda mesti konsultasi dengan terapis fisik untuk mengatur fleksibilitas tubuh, dan mobilitas sendi.

Artikel Selanjutnya
Ingin Hewan Kesayangan Lebih Menurut, Ini Tipsnya
Artikel Selanjutnya
Jelang Pernikahan Raisa, Ini Tips Atasi Patah Hati Buat Warganet