Sukses

Peneliti Ungkap Tingginya Kandungan Gizi Susu Kecoa, Berani Coba?

Penelitian terbaru di India mengungkapkan bahwa susu kecoa memiliki gizi empat kali lipat dari gizi susu sapi.

Liputan6.com, Jakarta Kecoa merupakan salah satu binatang yang paling sering dihindari. Selain itu, kebanyakan orang merasa jijik dan berusaha menyingkirkan binatang satu ini. Namun, penelitian terbaru mengungkapkan bahwa kecoa dapat diolah menjadi susu yang menyehatkan. Bagaimana bisa?

Sebuah penelitian yang dilakukan di India menemukan manfaat gizi dari susu kecoa dan dipercaya bahwa susu kecoa memiliki kandungan gizi empat kali lipat dibandingkan susu sapi, seperti dikutip dari laman Boldsky, Rabu (11/10/2017).

Meski diolah dari kecoa, namun tidak sembarang kecoa yang dipergunakan. Hanya kecoa jenis tertentu yang dapat memproduksi susu, yaitu kecoa kumbang Pasifik. Inilah satu-satunya jenis spesies yang melahirkan dan memiliki protein unik yang terkandung di dalamnya.

Para periset mengungkapkan, kecoa kumbang Pasifik bagaikan makanan lengkap, mereka mengandung protein, lemak dan gula. Selain itu, kecoa jenis ini memiliki rangkaian protein yang mengandung semua asam amino esensial.

Lebih lanjut, peneliti mengungkap susu kecoa dapat memberikan energi tiga kali lebih banyak dari jumlah susu kerbau.

Meski susu kecoa dinilai menjijikkan, namun peneliti mengatakan susu ini bisa menjadi alternatif sumber protein.

"Susu kecoa, suatu hari nanti bisa diubah menjadi suplemen makanan yang layak dikonsumsi manusia," ucap peneliti.

 

Saksikan video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini