Sukses

Cara Ungkapkan Stres pada Atasan

Liputan6.com, Jakarta Pekerjaan yang menumpuk dan tak kunjung selesai akan membuat kita kewalahan, stres, dan kelelahan. Bahkan untuk menyelesaikan pekerjaan termudah saja konsentrasi Anda akan terpecah.

"Semakin lama Anda membiarkan gejala ini berlanjut tanpa mengindahkan panggilan mereka dan membuat perubahan pada jadwal dan kehidupan Anda. Semakin besar kemungkinan Anda untuk kelelahan, dan akhirnya mungkin depresi atau penyakit jiwa lainnya," kata psikolog klinis dan pendiri Postpartum AZ Koalisi Kesehatan, Christina G Hibbert dikutip dari Bustle pada Rabu, 11 Oktober 2017. 

Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk memperhatikan tanda dan gejala ini untuk mencari bantuan dalam mengatasinya sesuai kebutuhan.

Jika Anda merasa kelelahan saat bekerja, sekarang saatnya untuk bicara empat mata dengan atasan Anda. Hal ini mungkin akan terdengar aneh, karena bisa saja Anda dianggap sebagai pegawai yang buruk. Inilah cara yang dapat Anda lakukan untuk mengungkapkannya, sesuai anjuran Christina.

1. Anda tidak sendirian

Sebuah survei dari Families and Work Institute menemukan bahwa lebih dari separuh orang merasa terlalu banyak bekerja atau kewalahan, dan 70 persen memimpikan pekerjaan yang berbeda.

Hal ini seharusnya membuat Anda merasa lebih aman dalam berbicara kepada atasan Anda. Ini memang sesuatu yang sering terjadi di tempat kerja dan atasan Anda harus tahu bagaimana menanganinya.

2. Jujur

Saat Anda berada di tempat, Anda mungkin merasa tergoda untuk mengecilkan tingkat keparahan perasaan Anda, terutama jika atasan Anda bersikap tidak responsif.

Tapi cobalah untuk jujur tentang apa yang Anda rasakan. Pastikan untuk menunjukkan contoh bagaimana Anda menjadi karyawan yang kuat dan berdedikasi, serta sampaikan kasus yang solid mengapa kelelahan kerja itu buruk bagi Anda dan perusahaan secara keseluruhan.

Jujur dan spesifik tentang apa yang Anda butuhkan untuk memperbaiki situasi. Jika tampak masuk akal, akan lebih sulit bagi atasan Anda untuk menolaknya.

3. Lingkungan kerja yang tidak bagus

Terkadang, masalahnya lebih besar dari beban kerja. Terkadang itu adalah lingkungan kerja yang beracun yang menyebabkan Anda terbakar habis.

"Lingkungan kerja yang beracun adalah hal yang membuat Anda merasa tidak nyaman, tidak dihargai, atau dinilai terlalu rendah," kata pelatih profesional bersertifikat Lori Scherwin.

Jika ini masalahnya, atasan Anda benar-benar perlu mengetahuinya dan kemungkinan besar, karyawan lain mungkin juga terpengaruh.

(MichelleTania)

Artikel Selanjutnya
Jangan Bunuh Diri dengan Kelakuan Tak Pantas Bos Anda
Artikel Selanjutnya
Tips Hindari Pertengkaran Pasangan agar Tak Berujung Pembunuhan