Sukses

Lakukan 5 Hal ini Agar Bahagia Saat Bekerja

Liputan6.com, Jakarta Banyak pekerja yang mengaku tidak merasa bahagia. Hal itu berhubungan dengan banyak faktor, seperti jenis pekerjaan dan lingkungan kerja. Padahal, ada banyak cara yang dapat dilakukan para pekerja agar merasa bahagia.

Menurut survei pada 2013, pekerja yang tidak bahagia berjumlah dua kali lipat dibandingkan pekerja yang bahagia. Selain itu, penelitian yang dilakukan di 142 negara dan melibatkan 180 juta pekerja ini menyebutkan, hanya 13 persen pekerja di dunia yang merasa senang dengan pekerjaannya, seperti dikutip dari laman Inc, Selasa (10/10/2017).

Agar merasa bahagia dengan pekerjaan, beberapa cara dapat dilakukan, misalnya dengan melakukan pekerjaan yang berarti bagi Anda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa hal ini di tempat kerja agar merasa bahagia.

1. Ciptakan ruang kerja yang nyaman

"Jika Anda harus bekerja cukup lama di kantor dan Anda ingin merasa bahagia menjalaninya, ciptakanlah ruang kerja yang Anda sukai dengan mendekorasi dan membuatnya senyaman mungkin," ucap Jennifer Star.

2. Temukan teman baik

Penelitian mengatakan bahwa memiliki teman baik di kantor dapat membuat pekerja yang loyal menjadi pekerja yang lebih loyal.

Christine Riordan menyatakan dalam Harvard Business Review, karyawan yang memiliki teman di tempat kerja menganggap pekerjaan mereka lebih menyenangkan, bermanfaat, dan memuaskan. Selain itu, memiliki teman di tempat kerja bisa menciptakan sistem pendukung dan rasa kesetiaan.

Saksikan video menarik berikut :

 

1 dari 2 halaman

3. Lupakan masalah pribadi

Julie Morgenstern, penulis Time Management From the Inside Out, mengatakan, "Ketika kehidupan pribadi Anda bermasalah, akan ada banyak hal yang terpengaruh. Emosi menimbulkan stres dan membuat Anda lelah."

Bila Anda tengah menghadapi banyak tekanan dan tidak melupakannya sejenak saat bekerja, hal ini akan membuat Anda merasa seperti pekerjaan terasa lama. Anda akan melihat jam dan ini akan mengganggu karena Anda menjadi kurang produktif.

4. Relaksasi pada jam istirahat

Jam istirahat merupakan waktu yang ditunggu para pekerja karena pada saat itulah pekerja dapat berhenti sejenak.

Beberapa hal dapat dilakukan pada jam istirahat seperti makan bersama rekan, berjalan-jalan sebentar, meregangkan tubuh atau melakukan hal yang Anda sukai.

5. Beri penghargaan pada diri sendiri

Tujuan utama seseorang bekerja kebanyakan adalah untuk mencari uang dan memenuhi kebutuhan hidup. Sayangnya, sebagian orang tidak menikmati pekerjaannya karena harus menghidupi anggota keluarga. Padahal, seharusnya Anda memberikan penghargaan kepada diri sendiri atas apa yang Anda kerjakan.

Sesekali cobalah untuk memanjakan diri sendiri dengan hasil kerja Anda, misalnya dengan pergi ke salon, membeli perhiasan atau gadget terbaru dan melakukan hal yang Anda inginkan.

 

Artikel Selanjutnya
Biar Makin Bahagia Lakukan Kegiatan Ini Setelah Resign
Artikel Selanjutnya
Libur Panjang Tapi Tetap Harus Kerja? Ini 4 Triknya