Sukses

Stres Bekerja? Ini Pesan Dokter yang Wajib Diingat

Liputan6.com, Jakarta Stres bekerja merupakan hal yang kerap terjadi. Entah itu karena tekanan pekerjaan, hubungan dengan atasan yang menyebalkan, hingga ketidakjelasan jenjang karier.

Di awal-awal, stres bekerja memang bukan gangguan kesehatan, yang bila tidak dikelola bisa menjadi stres berat bahkan menjadi depresi. Hal ini tentu saja berimbas pada kesehatan jiwa dan produktivitas seseorang.

Walau stres pasti selalu ada saat bekerja, berikut pesan dokter dalam mengelola stres bekerja tepat di Hari Kesehatan Jiwa Sedunia dengan tema Kesehatan Jiwa di Tempat Kerja: 

1. Positive thingking

Hal pertama dan utama yang disampaikan dokter spesialis kedokteran okupasi Nuri Perwito Adi adalah berpikir positif.

"Saat seseorang berpikir positif terhadap suatu hal itu membuat suasana hati dan fase kerja jadi lebih baik," tuturnya saat dihubungi Health-Liputan6.com, Selasa (10/10/2017).

2. Ubah melihat situasi

Dokter spesialis kejiwaan Eka Viora mengatakan cara pandang terhadap sebuah situasi bisa membuat tidak stres. "Anggap sebuah masalah itu bukan sebagai beban, tapi suatu tantangan atau kesempatan," sarannya saat di kantor Kementerian Kesehatan jelang Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2017.

3. Hidup Seimbang

Nuri mengingatkan untuk mengisi kehidupan tidak hanya dengan bekerja.

"Imbangi dengan kehidupan sosial, juga aktivitas fisik," sarannya.

4. Buat tujuan realistis

Eka menyarankan masing-masing dari kita untuk mengetahui kemampuan diri masing-masing. Jadi disarankan untuk membuat tujuan realistis akan suatu hal.

5. Buat prioritas

"Ada banyak hal yang penting, tapi pasti ada urutan prioritas mana yang harus dikerjakan atau diselesaikan terlebih dahulu," saran Eka.

6. Relaksasi

Saat stres melanda, coba refreshing sejenak. Tak ada salahnya mengambil cuti dari pekerjaan.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

Artikel Selanjutnya
3 Langkah Sederhana Ini Bisa Buat Stres Berkurang Saat Bekerja
Artikel Selanjutnya
Inilah 6 Tanda Anda Terlalu Stres