Sukses

Sikap Kita Saat Orang Terdekat Alami Gangguan Mental

Liputan6.com, Jakarta Kesehatan mental merupakan hal penting bagi setiap orang. Ketidakstabilan mental dapat berpengaruh pada perasaan, pemikiran, dan tingkah laku. 

Gangguan mental bisa menyerang siapa saja, termasuk orang terdekat yang kita miliki seperti keluarga, sahabat, dan pasangan. Jika seseorang memiliki kerabat yang terkena gangguan mental, penting untuk memahami bagaimana cara bersikap terhadap orang tersebut.

Mengutip laman Boldsky, Selasa (10/10/2017), gangguan mental meliputi skizofrenia, bipolar disorder, panic disorder dan gangguan kecemasan.

Sebagai kerabat terdekat, berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan.

1. Memahami gejala gangguan mental

Anggota keluarga harus memahami gejala-gejala yang dialami penderita gangguan mental, seperti ketidakmampuan untuk berpartisipasi di lingkungan sosial, masalah ingatan, gangguan pada aktivitas sehari-hari, kurang peduli dengan kebersihan dan kemungkinan adanya rasa ingin bunuh diri.

2. Tetap tenang

Setelah memahami gejala yang dialami penderita gangguan mental, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah tetap tenang, terutama di hadapan si penderita.

Memperlihatkan emosi negatif di depan penderita gangguan mental dapat memancing emosinya.

 

Saksikan video menarik berikut :

 

1 dari 2 halaman

3. Cari tahu akar masalah penyebab gangguan mental

Berikan dukungan kepada kerabat Anda yang mengalami gangguan mental. Cobalah untuk membantu mencari tahu penyebab penyakit tersebut. Kebanyakan orang merasa terganggu mentalnya saat kehilangan orang yang disayang ataupun kehilangan pekerjaan.

4. Carilah bantuan medis

Jika memungkinkan, cobalah bantu dengan menjadi pendengar yang baik dan bantu dia melewati masa sulitnya. Namun jika penyakitnya cukup parah, bawalah dia berobat ke psikiater atau dokter ahli kejiwaan. Awasi jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan seperti tindakan untuk menyakiti diri sendiri.

5. Terima kondisi kerabat Anda

Pada kasus yang semakin parah, seringkali pasien gangguan mental akan melakukan hal-hal di luar dugaan, bahkan terhadap keluarganya sendiri. Jika hal ini terjadi, pahamilah bahwa rasa marah yang dilakukannyadi luar kemampuannya untuk mengontrol diri.

Artikel Selanjutnya
Bau Mulut dan Keseimbangan Energi, Ini 5 Penyakit Rekaan Populer
Artikel Selanjutnya
Terikat dengan Notifikasi Smartphone? Awas Kena Kelelahan Mental