Sukses

Olah Bahan Dapur Anda Jadi Obat Tenggorokan Kering

Liputan6.com, Jakarta Tenggorakan kering tentu sangat tidak nyaman. Gejala ini biasanya muncul saat musim dingin dan juga akibat iritasi di daerah tersebut karena infeksi atau alergi.

Tenggorakan kering biasanya disertai dengan batuk, kesulitan menelan, dan perubahan suara. Biasanya, ini merupakan masalah yang ringan dan sporadis, tapi ada baiknya Anda segera mengobati tenggorokan kering dan menghindari masalah lain yang terkait dengan itu.

Saat mengalami masalah ini, biasanya kita membeli obat-obatan yang dijual di apotek untuk mengatasinya. Sebenarnya Anda bisa mengatasi tenggorokan kering dengan bahan dapur yang alami dan menyehatkan.

Seperti yang dilansir dari laman Step To Health, Kamis, (5/10/17), bahan dapur ini mempunyai sifat yang melembapkan dan mengurangi peradangan di daerah tersebut. 

1. Lemon dan madu

Satu sendok makan madu dapat mengatasi tenggorokan kering, tapi teh yang dicampur lemon dan madu dapat meningkatkan efek antibiotik.

Bahan:

2 sendok makan madu (50 g)

2 sendok makan jus lemon (20 ml)

1 gelas air (250 ml)

Cara buat:

Campurkan madu dan lemon ke secangkir air hangat dan minum dua kali sehari selama tiga sampai empat hari.

2. Pisang dan santan

Kombinasi pisang dan santan menghasilkan smoothie yang memberi energi dan mengatasi kekeringan serta iritasi. Nutrisi yang terkandung di dalamnya memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menciptakan penghalang terhadap infeksi virus dan bakteri.

Bahan:

1 pisang masak

1 cangkir santan (250 ml)

Cara buat:

Campurkan pisang matang dengan secangkir santan dan sajikan setelah mendapatkan campuran homogen. Konsumsi dalam porsi kecil, dua atau tiga kali sehari.

3. Kunyit dan madu

Kunyit dan madu memiliki anti-inflamasi, sehingga campuran kedua bahan ini bagus untuk melawan peradangan dan kekeringan di tenggorokan. Sifat antioksidan dan antibiotiknya membantu mencegah infeksi dan juga mengendalikan alergi.

Bahan:

1/2 sendok teh kunyit (2 g)

2 sendok makan madu (50 g)

Cara buat:

Campur kunyit dan madu sampai menjadi pasta halus. Anda bisa menambahkan campuran kedua bahan ini ke setengah cangkir air hangat dan meminumnya sebagai teh. Lakukan perawatan ini setiap tiga sampai empat jam sesuai kebutuhan.

(Michelle Tania)

 

Artikel Selanjutnya
Cek 8 Perabotan Dapur yang jadi Sarang Kuman!
Artikel Selanjutnya
5 Ide Brilian Manfaatkan Teh Celup Bekas