Sukses

Mandi Sauna Turunkan Risiko Tekanan Darah Tinggi

Liputan6.com, Jakarta Ingin sehat dengan sering-sering mengeluarkan banyak keringat tapi tidak ingin melakukan aktivitas fisik apapun? Anda dapat mencoba mandi sauna. Kegiatan ini bermanfaat bagi kesehehatan, salah satunya menurunkan tekanan darah tinggi.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa mandi sauna empat kali seminggu bisa mengurangi risiko tekanan darah tinggi sampai 50 persen.

Penelitian sebelumnya menunjukkan, sering mandi sauna dapat mengurangi risiko kematian akibat kardiovaskular dan serangan jantung mendadak.

Tekanan darah yang meningkat didokumentasikan sebagai salah satu faktor risiko penyakit kardiovaskular yang paling penting.

Menurut para peneliti dari University of Eastern Finland, mandi sauna bisa menurunkan tekanan darah.

Seperti dikutip dari situs Boldsky, Selasa, 10 Oktober 2017, studi yang sudah dipublikasikan di American Journal of Hypertension ini melibatkan 1.621 orang pria paruh baya dari Finlandia. Peserta studi tanpa tekanan darah tinggi atau dengan hipertensi terdiagnosis dimasukkan dalam penelitian ini.

Kemudian, para pria ini dibagi menjadi tiga kelompok frekuensi sauna; mereka yang mandi sauna seminggu sekali, dua sampai tiga kali seminggu, atau empat sampai tujuh kali seminggu.

Risiko hipertensi menurun sebesar 24 persen pada pria dengan frekuensi sauna dua sampai tiga kali seminggu, dan 46 persen pada pria yang sauna empat sampai tujuh kali seminggu.

Selama mandi sauna, suhu tubuh bisa naik hingga dua derajat celcius, sehingga menyebabkan pelebaran diameter pada pembuluh darah.

Mandi sauna secara teratur dapat memperbaiki fungsi endotel, yaitu fungsi lapisan dalam pembuluh darah, yang memiliki efek menguntungkan pada tekanan darah sistemik. Berkeringat dapat menghilangkan cairan dari tubuh yang menyebabkan penurunan tingkat tekanan darah.

Selain itu, mandi sauna juga bisa menurunkan tekanan darah sistemik karena keseluruhan relaksasi tubuh dan pikiran. Sebuah analisis terbaru dari penelitian yang sama juga mengungkapkan bahwa mereka yang sering mandi sauna memiliki risiko penyakit paru lebih rendah.

(Michelle Tania)

Artikel Selanjutnya
Pengidap Tekanan Darah Rendah Pasti Boleh Makan Daging Kambing?
Artikel Selanjutnya
Mudah Pipis hingga Gusi Berdarah, Tanda Gula Darah Tinggi?