Sukses

Waspada 7 Penyakit Langganan Anak di Musim Pancaroba

Liputan6.com, Jakarta Panas dan hujan yang muncul secara bergantian, kerap menimbulkan sederet masalah kesehatan. Bukan hanya Anda yang ekstra waspada menghadapi musim pancaroba, anak-anak juga harus dipantau keseimbangan tubuh. Jangan sampai penyakit anak di bawah ini menyerang buah hati kesayangan.

Banyak penyakit yang semula tidak menjalar, menjadi berjangkit di musim hujan. Untuk itu, perlu antisipasi aktif dari orangtua dalam menghadapi barbagai macam penyakit anak di musim penghujan. Di Indonesia, frekuensi curah hujan biasanya muncul pada bulan Oktober sampai dengan Maret.

Penyakit anak-anak apa saja yang langganan menyerang dan perlu diwaspadai? Dokter Spesialis Anak, dr. Rianita Syamsu Sp. A menyampaikan hasil pantauannya dari beberapa rumah sakit dan rumah bersalin di Depok, Jawa Barat.

"Ada beberapa, contohnya infeksi saluran nafas yang disusul berbagai infeksi virus karena sedang pancaroba (panas hujan bergantian)," terang Rianita kepada Health-Liputan6.com, melalui aplikasi pesan singkat, Senin (9/10/2017).

Berikut ragam penyakit anak yang harus diantisipasi:    

1. Diare akut

2, Campak Jerman (Rubella)

3. Cacar air (Varicella)

4. Gondongan (Mumps)

5. Penyakit Mulut Kaki Tangan (flu singapur)

6. DBD

7. Beberapa kasus infeksi saluran kemih

 

Simak juga video menarik berikut: