Sukses

Kisah Keponakan Raffi Ahmad Tinggal Serumah Bareng Harimau

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar orang akan was-was ketika melihat ada harimau mendekat. Namun tidak halnya dengan sosok remaja ganteng ini. Tanpa diliputi rasa takut, pria 22 tahun bernama Alshad Ahmad justru asyik bercanda ria dengan Harimau Benggala kecil yang belum lama ini lahir di Kebun Binatang Bandung (KBB). 

Bahkan, keponakan Raffi Ahmad, ini mengajukan diri untuk merawat dan menjadi orangtua asuh harimau Benggala tersebut. Asa Alshad tak bertepuk sebelah tangan. Setelah melalui serangkaian wawancara dan penelusuran rekam jejak Alshad dalam memelihara satwa dilindungi, KBB mengizinkan Alshad untuk membesarkan anak harimau ini. 

Bagaimana hari-hari bungsu dari 5 bersaudara ini dalam merawat harimau Benggala jantan yang diberi nama Eshan?

"Sejak kecil, saya sudah terbiasa memelihara satwa. Mulai dari ikan cupang, ayam, itik, perkutut, sampai hewan eksotis seperti elang. Begitu saya mendengar informasi kalau Kebun Binatang Bandung mencari orangtua asuh untuk anak Harimau Benggala, saya langsung ikut daftar. Alhamdulillah, saya diperbolehkan," buka Alshad Ahmad kepada Health-Liputan6.com saat dihubungi lewat telepon, Senin (9/10/2017). 

Eshan, merupakan satu dari dua anak macan atau Harimau Benggala yang lahir di KBB pada tanggal 26 Juni 2017. Ia juga sayang dan akrab dengan Jinora, harimau betina yang seumuran dengan Eshan.

Alshad bukanlah calon tunggal. Ada dua pelamar lain dari Bandung, juga mengajukan diri untuk mengasuh Eshan. Setelah dipelajari orientasi dan latar belakang pengalaman membesarkan satwa, KBB bulat memberi keistimewaan kepada Alshad untuk berinteraksi langsung, mengasuh, dan memberi pakan kepada Elshan selama setahun ke depan.

"Sebelum mendaftar, saya pun banyak belajar. Saya riset bagaimana behaviour Harimau Benggala, cara memberikan ruang yang nyaman di dalam kandang, seperti apa cara memberi pakan berikut pengaturan nutrisinya, dan tak lupa berkonsultasi ke dokter hewan tentang cara menjaga kesehatannya," papar pria yang hobi balap motor profesional ini.

 

Simak juga video menarik berikut:

 

1 dari 2 halaman

Memperlakukan harimau seperti anggota keluarga

Untuk bisa memelihara harimau Benggala di rumahnya atau di luar wilayah konservasi KBB, tentu saja Alshad harus siap untuk merogoh pengeluaran ekstra, seperti memberi susu formula dan nutrisi lain berupa daging segar. Namun, ia siap untuk membantu KBB dalam membersarkan harimau yang ia pelihara sejak usia 2 bulan ini.

"Ketika sudah menerima tanggung jawab, saya harus komitmen untuk menjaga Ersan. Saya menganggap Ersan bukan seperti harimau, melainkan seperti anggota keluarga sendiri. Saya juga senang kalau dilibatkan KBB untuk mengedukasi masyarakat tentang pemeliharaan satwa yang dilindungi," terang pria kelahiran 25 Juni 1995 tersebut.

Artikel Selanjutnya
Ayu Ting Ting atau Nagita Slavina, Raffi Ahmad Pilih Siapa?
Artikel Selanjutnya
Jenguk Kuda Poni Rafathar, Raffi Ahmad Bertemu Nabila Syakieb