Sukses

Bawa Ponsel ke Toilet, Risiko Terinfeksi Bakteri Berbahaya?

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin tidak bisa lepas dari ponsel. Bahkan Anda pun tetap asyik berselancar Internet saat di toilet. Tapi, kebiasaan membawa ponsel ke toilet, ternyata berdampak buruk.

Anda akan berisiko sakit karena terkena infeksi bakteri. Menurut Dr. Paul Matewele, ahli Mikrobiologi di London Metropolitan University, Inggris, menyentuh ponsel saat Anda menggunakan toilet dan mencuci tangan dapat meninggalkan bakteri di perangkat ponsel.

Bakteri akan masuk ke dalam tubuh Anda dengan mudah. Hal ini karena ponsel selalu disentuh dan dibawa oleh Anda, dilansir dari New Idea, Senin (9/10/2017).

Selain itu, di toilet juga Anda menyentuh dudukan kloset, wastafel, dan kran. Seluruh bagian tersebut banyak terdapat bakteri, seperti E. coli, yang menyebabkan infeksi saluran kemih dan penyakit usus," jelas dr Paul.

Ada juga bakteri C. diff, yang dapat menyebabkan diare, sementara itu acinetobacter menyebabkan infeksi pernapasan menular.

  

Simak video menarik berikut ini:

1 dari 2 halaman

Selalu cuci tangan

Untuk mencegah penyebaran kuman, sebaiknya ponsel harus ditaruh di tas atau saku. Hal ini agar ponsel tidak terkontaminasi kuman dari toilet.

Jika Anda tetap harus membawa ponsel ke toilet, pastikan Anda mencuci tangan, sebelum dan sesudah buang air.

"Hal utama adalah berlatih mencuci tangan secara teratur dan sebersih mungkin," kata dr Paul.

Anda juga bisa membersihkan ponsel dengan lap antibakteri.

Artikel Selanjutnya
Alasan Tersembunyi Mengapa Telur Harus Disimpan di Dalam Kulkas
Artikel Selanjutnya
Penularan Penyakit Banyak Terjadi di Pesawat