Sukses

Bawa Ponsel ke Toilet, Risiko Terinfeksi Bakteri Berbahaya?

Anda harus setop membawa ponsel ke toilet bila tidak ingin terkena infeksi bakteri bahaya.

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin tidak bisa lepas dari ponsel. Bahkan Anda pun tetap asyik berselancar Internet saat di toilet. Tapi, kebiasaan membawa ponsel ke toilet, ternyata berdampak buruk.

Anda akan berisiko sakit karena terkena infeksi bakteri. Menurut Dr. Paul Matewele, ahli Mikrobiologi di London Metropolitan University, Inggris, menyentuh ponsel saat Anda menggunakan toilet dan mencuci tangan dapat meninggalkan bakteri di perangkat ponsel.

Bakteri akan masuk ke dalam tubuh Anda dengan mudah. Hal ini karena ponsel selalu disentuh dan dibawa oleh Anda, dilansir dari New Idea, Senin (9/10/2017).

Selain itu, di toilet juga Anda menyentuh dudukan kloset, wastafel, dan kran. Seluruh bagian tersebut banyak terdapat bakteri, seperti E. coli, yang menyebabkan infeksi saluran kemih dan penyakit usus," jelas dr Paul.

Ada juga bakteri C. diff, yang dapat menyebabkan diare, sementara itu acinetobacter menyebabkan infeksi pernapasan menular.

  

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selalu cuci tangan

Untuk mencegah penyebaran kuman, sebaiknya ponsel harus ditaruh di tas atau saku. Hal ini agar ponsel tidak terkontaminasi kuman dari toilet.

Jika Anda tetap harus membawa ponsel ke toilet, pastikan Anda mencuci tangan, sebelum dan sesudah buang air.

"Hal utama adalah berlatih mencuci tangan secara teratur dan sebersih mungkin," kata dr Paul.

Anda juga bisa membersihkan ponsel dengan lap antibakteri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.