Sukses

Jangan Terlalu Banyak Minum Air Putih Saat Diare

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda mengalami diare, hindari minum air putih terlalu banyak. Bukan tidak boleh minum air putih, terlalu banyak minum air putih tidak akan cepat menghentikan diare.

Ini dikarenakan air putih tidak mengandung elektrolit, yang membantu mengurangi frekuensi diare. Pengobatan yang tepat adalah memberikan pasien cairan oralit.

"Jangan minum air putih kebanyakan karena tidak mengandung elektrolit. Yang dianjurkan minum oralit. Oralit mengandung gula dan elektrolit, yang menggantikan cairan tubuh akibat diare," jelas dr F Safira Alatas, PhD, SpA(K) dari Divisi Gastrohepatologi Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM.

Bagi bayi di bawah 3 tahun dan balita yang diare, pemberian oralit mungkin akan sulit.

"Buat anak-anak itu akan sulit dikasih oralit karena rasanya enggak begitu enak," lanjut dr Safira dalam acara "Manfaat Minuman Elektrolit untuk Pasien DBD dan Diare" di Century Park Hotel Senayan, Jakarta, ditulis Senin (9/10/2017).

Tak hanya terlalu banyak minum air putih saja, Anda juga harus menghindari minum soda. Minum soda justru memperparah diare.

Saluran pencernaan, terutama lambung tidak akan kuat menanggung kadar soda. Hindari juga jus buah kemasan karena tidak mengandung elektrolit.

Cara aman saat diare, minum oralit agar tubuh tidak kekurangan cairan.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Usai Konsumsi Minuman Manis, Kenapa Masih Haus?
Artikel Selanjutnya
7 Manfaat Hebat Dari Rajin Minum Air Hangat Pagi Hari