Sukses

Hebatnya Manfaat Telur Bebek untuk Anak

Liputan6.com, Jakarta Anak sekolah dasar atau SD berada pada masa pertumbuhan yang sangat cepat dan kegiatan fisik yang sangat aktif. Oleh karena itu keadaan gizi pada usia ini harus mendapatkan perhatian yang lebih dimana tingkat kesehatannya perlu dibina dan ditingkatkan.

Untuk itu, Dinas Kelautan dan Perikanan Pertanian dan Pangan Kota Tegal (DKP3 Kota Tegal) gencar melakukan sosialisasi ke berbagai kalangan. Kabid Peternakan DKP3 Kota Tegal Zaenal A Mukti menerangkan tentang GERIMIS MATIK (Gerakan Minum Susu dan Makan Daging/Telur Itik).

Ia menjelaskan, GERIMIS MATIK merupakan gerakan untuk membiasakan minum susu dan makan daging atau telur itik.

‘’Kandungan susu segar memiliki gizi yang seimbang dan susu sapi segar merupakan bahan pangan yang bergizi tinggi karena mengandung zat-zat makanan yang lengkap seperi protein, lemak, kabohidrat, mineral dan viatamin," ucap Zaenal, ditulis Senin (9/10/2017).

Menurut dia, telur bebek mengandung lebih banyak asam lemak omega 3 yang penting untuk meningkatkan kesehatan otak anak.

‘’Dalam 100 gram telur bebek terkandung sekitar 185 kkal energi, sedangkan pada telur ayam 149 kkal. Kandungan protein telur bebek sedikit lebih tinggi," jelasnya.

Nantinya secara resmi program GERIMIS MATIK akan digelar pada tanggal 25 Oktober 2017 di Lapangan Tenis Indor Komplek Balaikota dengan menghadirkan 600 anak kelas 3 hingga kelas 6 SD.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

1 dari 2 halaman

Manfaat Daging dan Telur Bebek

Sementara itu, beberapa manfaat telur dan daging bebek sangat membantu tumbuh kembang anak-anak.

‘’Sama halnya telur ayam, manfaat telur bebek bagi kesehatan juga tidak diragukan lagi. Manfaatnya diantara lain Menjaga mata tetap sehat, Meningkatkan Imunitas, Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi, Membantu memproduksi hormon," kata dia.

Manfaat mengkonsumsi daging bebek selain rasanya yang lezat, daging bebek didominasi oleh sumber protein dan vitamin B kompleks. Adapun manfaat dari kandungan daging bebek seperti:

Pertama, kandungan protein hewani dan sedikit sodium sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan sel-sel otot dan jaringan organ tubuh. Sehingga sangat dibutuhkan dalam masa pertumbuhan.

Kedua, agar kinerja otot lebih optimal. Zat besi pada daging bebek dibutuhkan hemoglobin dalam tubuh untuk mencegah anemia.

Ketuga, sangat pas bagi orang yang ingin menambah berat badan secara sehat karena kandungan lemak dan protein pada bebek dua kali lipat dari pada ayam.

Keempat, sedikit zat tiamin dan mineral zinc mampu memperlancar perdaran darah sehingga meningkatkan sistem metabolisme dan kekebalan tubuh alami.

Keempat, kandungan forsfor yang tinggi dalam daging bebek memperkuat gigi dan pembentukan tulang.

Artikel Selanjutnya
Bahaya, Tren Camilan Manis untuk Anak Terus Meningkat
Artikel Selanjutnya
Tomat dan Putih Telur Mampu Bikin Kulit Lebih Cerah