Sukses

5 Manfaat Pijat Bayi yang Menakjubkan

Pijat bayi adalah sesuatu yang menakjubkan, karena ada sangat banyak manfaat yang bisa didapatkan si Kecil.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak manfaat yang bisa didapat buah hati dari pijatan. Hebatnya, pijat bayi kini bisa dilakukan sendiri olehorangtua. Sebelumnya, Anda bisa belajar dari bidan yang terampil memijat bayi. Bidan akan memberikan edukasi yang benar cara memijat bayi.

Dengan rutin melakukan pijat bayi, pertumbuhan bayi akan optimal, menurut dr Fitri Hartanto, SpA(K) selaku Ketua Penyusun Modul Pelatihan Pijat Bayi dari UKK Tumbuh Kembang Anak Ikatan Dokter Anak Indonesia.

Lebih lanjut, ada beberapa manfaat lain dari pijat bayi, yaitu: 

1. Berat badan dan nafsu makan naik.

Bayi di bawah usia 3 tahun yang dipijat, berat badannya akan naik. Pada bayi usia 28 bulan, nafsu untuk minum ASI juga meningkat.

2. Melancarkan saluran pencernaan dan pernapasan.

"Ini karena pijat bayi yang dilakukan menyasar seluruh tubuh. Mulai dari pijat wajah, perut, dada, punggung hingga kaki. Saluran pencernaan dan pernapasan akan berfungsi dengan baik," jelas dr Fitri dalam acara "Pemecahan Rekor Dunia Guinness World Records untuk Pelatihan Pijat Bayi dengan Peserta Terbanyak" di Djakarta Theater XXI-Grand Ballroom, Jakarta, Sabtu (7/10/2017).

3. Ikatan emosional makin kuat.

Keterikatan emosional dan tekanan batin antara orangtua dan bayi akan semakin kuat. Hal ini dipengaruhi adanya kontak mata yang intens antara orangtua dan bayi selama pijatan berlangsung.

4.  Kekebalan tubuh si kecil meningkat. 

Bayi akan punya kekebalan tubuh yang kuat. Dia tidak akan mudah sakit.

5. Bayi makin ceria. 

Pijat bayi akan menurunkan hormon stres. Ini membuat bayi lebih ceria.

Saksikan juga video menarik berikut ini: 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waktu berkualitas

Selain pijat bayi bermanfaat untuk kesehatan si kecil. Orangtua juga akan punya waktu berkualitas untuk anak.

Di sela-sela kesibukan, orangtua dapat meluangkan waktu sejenak untuk memijat bayi. Adanya waktu berkualitas juga membuat orangtua makin dekat dengan anak.

Orangtua pun bisa percaya diri memberikan pijatan yang baik kepada anak. Anda akan semakin terlatih memijat si kecil sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini