Sukses

23 Toilet Dibangun di Lokasi Pengungsi Gunung Agung

23 unit toilet telah selesai dibangun di dua lokasi pengungsian, Desa Les, Kabupaten Buleleng dan Desa Tianyar Timur, Kabupaten Karangasem.

Liputan6.com, Jakarta Berdasarkan data terakhir dari BNPB tanggal 4 Oktober2017, jumlah pengungsi Gunung Agung sudah mencapai 141.000 orang. Para pengungsi harus tinggal di 419 posko pengungsian yang tersebar di Pulau Bali. Peningkatan jumlah pengungsi telah mengakibatkan terkendalanya distribusi suplai logistik dan terbatasnya akses terhadap fasilitas air bersih dan sanitasi, sehingga meningkatkan risiko penyebaran wabah penyakit.

Menanggapi kebutuhan ini, 23 unit toilet telah selesai dibangun di dua lokasi pengungsian, Desa Les, Kabupaten Buleleng dan Desa Tianyar Timur, Kabupaten Karangasem. Ketersediaan fasilitas air bersih dan sanitasi ini dinilai sebagai kebutuhanyang paling krusial, sehingga penggalangan dana akan terus dilakukan, “Setelah koordinasi dengan pihak terkait, salah satu fokus penggalangan dana kami saat ini untuk pembangunan toilet,”ujar Romy Tubagus, Direktur Operasional Kopernik.

Sejak tanggal 22 September 2017, Kopernik bekerja sama dengan IDEP Foundation, Bumi Sehat, Rio Helmi, Rucina Ballinger, Bali ZEN, dan para orangtua dari GreenSchool Bali akan terus mengirimkan suplai kebutuhan dasar dan menggalang danauntuk para pengungsi Gunung Agung. Upaya bersama ini dilakukan untuk membantu para pengungsi di tempat-tempat pengungsian.

“Selain dengan komunitas rekanan di Ubud, kami juga terus berkomunikasi dengan BNPB, pemerintah desa, dan banjarsetempat agar upaya tanggap bencana ini dapat berjalan secara efektif,”lanjut Romy lagi. Hingga tanggal 3 Oktober, penggalangan dana Tanggap Darurat Gunung Agung yangdilakukan oleh Kopernik telah tercatat mencapai Rp 693.886.500,- melalui donasi online dan transfer bank dari 576 donatur.

Dengan dana tersebut, sebanyak 21 trukberisi berbagai kebutuhan darurat seperti obat-obatan, bahan makanan, matras dan selimut telah dikirim ke 12 lokasi yang paling membutuhkan. Selain pembangunan toilet, ke depannya tim Tanggap Darurat Gunung Agung juga akan terus menggalang dana untuk pengadaan masker dan saringan air minum bersih guna membantu para penduduk yang masih terpaksa tinggal di posko pengungisan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.