Sukses

Lakukan Ini Saat Anda Kebanyakan Minum Kopi

Kopi memang enak, tapi jika terlalu banyak bisa menyebabkan gangguan serius.

Liputan6.com, Jakarta Para pencinta kopi biasanya pernah mengalami hari-hari, saat mereka terlalu banyak minum kopi. Terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein bisa membuat Anda gelisah, jantung berdebar kencang, dan merasa tidak tenang.

Kafein bisa menstimulasi pusat sistem saraf, membuat Anda merasa segar dan terjaga. Namun, jika terlalu banyak, kafein bisa membuat Anda gelisah dan waspada secara berlebihan. Kafein juga bisa memicu pelepasan hormon adrenalin yang akan meningkatkan detak jantung.

Ahli nutrisi Priya Kathpal, mengutip The Health Site, Jumat (6/10/2017), memberi tahu seberapa banyak kopi yang sebaiknya diminum dalam sehari dan apa yang harus dilakukan jika Anda terlalu banyak mengonsumsinya.

Berapa banyak kafein yang hitungannya sudah terlalu banyak?

Jumlah rekomendasi harian kafein adalah 400 mg atau sekitar empat cangkir kopi. Memang, setiap orang memiliki toleransi kafein yang berbeda, tapi kebanyakan orang akan mulai merasa tidak enak setelah minum lebih dari empat cangkir kopi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Mengatasinya

Apa yang harus dilakukan jika sudah minum kebanyakan?

Cara terbaik untuk menghindari efek samping dari kebanyakan kafein adalah memastikan hal ini jangan sampai terjadi. Akan tetapi, jika sudah telanjur, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

1. Pastikan Anda minum banyak air. Memastikan tubuh terhidrasi bisa mengurangi beberapa sindrom yang disebabkan oleh overdosis kafein. Hal ini membantu tubuh mengeluarkannya.

2. Kafein akan mengurangi kadar potasium dan magnesium dalam tubuh, yang akan mengakibatkan tubuh gemetar dan menimbulkan rasa gelisah. Jadi, mengonsumsi makanan yang mengandung potasium dan magnesium, seperti pisang dan sayuran hijau juga bisa membantu.

3. Berolahraga ringan juga akan bisa membantu Anda merasa lebih baik.

Jika Anda mengalami simtom lain, seperti nyeri dada, kesulitan bernapas, kebingungan, muntah-muntah, atau detak jantung tidak beraturan, itu tandanya Anda membutuhkan bantuan profesional medis. Segera datangi unit gawat darurat terdekat.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.