Sukses

Baca Buku Sebelum Tidur Bisa Cegah Mimpi Buruk

Membaca buku sebelum tidur bisa membantu Anda tidur nyenyak dan mencegah mimpi buruk.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian orang masih mengalami gangguan tidur seperti insomnia dan tidur tidak nyenyak. Banyak cara mengatasinya, misalnya dengan membaca buku sebelum tidur.

Mengutip laman Bustle, Jumat (6/10/2017), penelitian menyebutkan bahwa membaca dapat membantu tidur seseorang jadi lebih baik. Hal ini telah dibuktikan oleh orang-orang yang membaca buku sebelum tidur.

Meskipun Anda hanya membaca selama 10 menit, tapi Anda akan merasakan perbedaannya.

Selain itu, membaca buku sebelum tidur bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

1. Membaca dapat menekan stres

Peneliti asal University of Sussex menemukan bahwa menghabiskan waktu selama satu jam dengan membaca buku yang Anda suka dapat menekan stres. Membaca dianggap lebih unggul jika dibandingkan dengan melakukan metode relaksasi lainnya seperti mendengarkan musik atau minum teh.

2. Membaca buku membantu Anda menghindari tayangan tv

Pakar yang membahas masalah tidur mengimbau untuk menghindari cahaya terang. Misalnya cahaya dari komputer atau televisi terutama pada malam hari sebelum tidur. Untuk menghindari televisi, Anda bisa membaca buku segabai alternatif.

 

Saksikan video menarik berikut :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Membaca bisa bantu menghindari mimpi buruk

Mimpi merupakan bunga tidur yang dipengaruhi banyak faktor, seperti aktivitas hari tersebut, apa yang Anda lihat atau apa yang Anda baca.

Jadi jika Anda membaca buku sebelum tidur, kemungkinan besar apa yang Anda baca akan terbawa ke alam mimpi.

4. Membaca bikin lebih mudah mengantuk

Membaca memudahkan tubuh agar cepat mengantuk dan tertidur. Para ahli merekomendasikan untuk membaca pada jam terakhir sebelum tidur. Jika ingin tidur pulas, hindari buku bergenre thriller dan horor karena akan membuat Anda justru sulit tertidur.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.