Sukses

Khasiat Teh Hitam Bisa Turunkan Berat Badan

Liputan6.com, Amerika Serikat Cemas berat badan sulit turun? Anda bisa turunkan berat badan dengan minum teh hitam. Penelitian menunjukkan, bahan kimia yang ditemukan dalam teh hitam, yaitu polifenol, dapat mengubah metabolisme energi di hati.

Reaksi metabolisme energi di hati muncul berkat adanya perubahan pada metabolik usus.

Pada penelitian sebelumnya, teh hijau yang juga mengandung polifenol menawarkan kesehatan lebih efektif daripada polifenol dalam teh hitam. Hal ini karena bahan kimia pada teh hijau diserap ke dalam darah dan jaringan tubuh.

“Namun, temuan baru kami menunjukkan, teh hitam yang diteliti melalui mekanisme mikrobioma usus juga bermanfaat efektif terhadap kesehatan. Ini bisa berefek penurunan berat badan pada manusia," kata peneliti Susanne Henning, Profesor di University of California-Los Angeles (UCLA ), Amerika Serikat.

Simak video menarik berikut ini:

1 dari 2 halaman

Cegah obesitas

Penelitian soal teh hitam ini dipublikasikan di European Journal of Nutrition. Tim peneliti dari UCLA melakukan percobaan pada tikus.

Tikus diberi makanan tinggi lemak dan gula tinggi, ditambah dengan teh hijau atau ekstrak teh hitam, dilansir dari Economic Times, Jumat (6/10/2017).

Hasilnya, bakteri yang terkait obesitas pada teh hijau dan ekstrak teh hitam ditemukan lebih rendah. Teh hitam pun dinilai ampuh mencegah obesitas.

Artikel Selanjutnya
5 Ide Brilian Manfaatkan Teh Celup Bekas
Artikel Selanjutnya
Turunkan Berat Badan dengan Teh Kembang Sepatu