Sukses

5 Latihan yang Bikin Badan Atletis seperti Anggota TNI

Liputan6.com, Jakarta Pada perayaan HUT TNI yang dihadiri Presiden Joko Widodo di Cilegon, Banten bisa dilihat betapa atletisnya para tentara. Ya, sebagai tentara memang ada tuntutan memiliki fisik prima sehingga latihan fisik wajib dilakukan setiap hari. Selain fisik kuat, dapat bonus badan jadi atletis.

Nah, bagi Anda yang ingin memiliki badan atletis dan tegap seperti tentara, bisa meniru latihan yang biasa mereka lakukan. Angkatan Darat Inggris telah mengembangkan latihan tubuh bernama Big 5 yang bisa dilakukan siapa saja, termasuk kaum sipil.

Mengutip Mirror, Kamis (5/10/2017) latihan Big 5 ini bermanfat untuk memperbaiki stabilitas inti tubuh, meningkatkan kesehatan dan kebugaran, meningkatkan performa serta mengurangi risiko cedera.

"Dengan memperbaiki kondisi fisik, Anda akan merasa bugar, memiliki kesehatan yang lebih baik, berenergi, dan lebih bersemangat. Selalu pikirkan untuk: sedikit duduk, banyak bergerak," kata Korps Pelatihan Fisik Angkatan Darat Inggris yang mengembangkan Big 5, Letkol Brian Dupree.

Nah berikut latihan Big 5 yang bisa ditiru masyarakat sipil:

1. Press-up

Press-up adalah gerakan untuk melatih tubuh bagian atas dan kekuatan inti.

2. Angkat kettelbell

Berdiri tegak dengan kaki terbuka, lalu angkat kettlebell di tangan kanan dan kiri. Latihan ini berfungsi untuk memperkuat punggung dan paha bagian belakang.

3. Plank

Plank digunakan untuk melatih otot-otot inti tubuh seperti perut serta melatih tulang belakang. Tahan gerakan plank selama 10 detik, berhenti sebentar, lalu ulangi lagi.

4. Reverse lunge

Reverse lunge merupakan gerakan yang melatih bagian kaki. Caranya berdiri tegak, lalu tarik salah satu kaki ke belakang seperti berlutut. Lalu, ganti kaki sebelahnya. Ulangi beberapa kali.

5. Squat

Squat adalah gerakan untuk melatih bagian punggung, perut serta paha. Lakukan dengan tempo 2:1:2 - dua detik tahan di posisi bawah, satu detik naik ke atas, dua detik tahan di posisi bawah.

Untuk mendapatkan tubuh atletis tentu saja bukan hanya latihan fisik. Asupan makanan yang sehat dan seimbang juga jadi penentu kesuksesan meraih tubuh atletis bak tentara. 

Artikel Selanjutnya
Intip Pose Yoga Super Menantang Istri Sutradara Warkop DKI Reborn
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi 3 Olahraga Bela Diri untuk Turunkan Berat Badan