Sukses

Ini Dia Latihan Fisik yang Bikin Anggota Kopassus Dahsyat

Komando Pasukan Khusus (Kopassus) adalah salah satu pasukan elite TNI yang terkenal karena kekuatan dan kepiawaian mereka.

Liputan6.com, Jakarta Komando Pasukan Khusus Tentara Nasional Indonesia (Kopassus TNI) adalah pasukan elite yang sering dipuji-puji masyarakat dunia. Walaupun nama mereka sangat tersohor, tak banyak orang tahu apa yang diperlukan supaya bisa menjadi seorang perwira Kopasus.

Merayakan HUT ke-72 TNI hari ini, Kamis (5/10/2017), tim Health-Liputan6.com berbicara dengan salah satu perwira Kopassus, Letkol Inf. Joko Tri Hadimontoyo. Letkol Joko membocorkan sedikit tentang olahraga yang dilakukan oleh pasukannnya.

"Yang membedakan Kopassus dengan satuan lain itu adalah latihannya. Anggota Kopassus harus terus latihan, latihan, dan latihan," ujarnya ketika dihubungi melalui telepon. Salah satu bentuk latihan yang dilakukan oleh anggota Kopassus adalah Calisthenics.

Kata calisthenics sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu kallos (keindahan) dan sthenos (kekuatan). Calisthenics adalah rangkaian latihan yang memang sudah sejak dulu diterapkan di dunia militer dan tidak membutuhkan bantuan alat.

Latihan calisthenics melibatkan berbagai gerakan, seperti menarik, mendorong, mengangkat, dan menekan. Beberapa bentuk gerakan yang dilakukan seperti, misalnya: push-up, plank, squats, crunches, pullups, squat jumps, dan lainnya, mengutip Men's Fitness.

Walaupun gerakan-gerakan tadi terkesan sederhana dan sudah mungkin bisa dilakukan sejak kita sekolah dasar, tapi ketika dilakukan secara terus-menerus secara giat, olahraga ini bisa melatih kekuatan dan kemampuan aerobik pelakunya.

"Anggota Kopassus itu bangun jam 04.00 pagi, lalu mereka langsung berolahraga," ujar Letkol Joko.

Selain memastikan kekuatan dan kelincahan tubuh, anggota Kopasus juga harus menjaga kebugaran tubuh mereka dengan mengonsumsi makanan yang sehat, dan terutama kaya protein.

"Kami tidak punya pantangan makan, tapi harus memilih makanan yang sehat," jelasnya lagi.

"Setelah berolahraga, kami makan untuk pembentukan otot, biasanya susu, telur, atau kacang hijau."

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.