Sukses

4 Makanan Penuh Lemak ini Bisa Turunkan Kolesterol

Ini jenis makanan berlemak yang bisa menurunkan kolesterol.

Liputan6.com, Jakarta Makanan yang mengandung lemak jahat umumnya harus dihindari karena dapat memicu obesitas dan menaikkan kadar kolesterol. Akan tetapi tidak semua makanan mengandung lemak harus dihindari. Justru beberapa jenis makanan yang mengandung lemak dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Apa saja?

Lemak jahat seperti yang terdapat pada makanan yang digoreng, keju berlemak dan lemak daging sebaiknya dihindari karena dapat meningkatkan kadar kolesterol. Namun sebaliknya, lemak baik boleh dikonsumsi karena memberikan nutrisi serta menjaga kadar kolesterol tetap aman, seperti dilansir laman Step to Health, Rabu (4/10/2017).

Berikut ini beberapa jenis lemak baik yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

1. Minyak sayur

Minyak sayur kaya akan asam oleat. Ini merupakan pengganti terbaik untuk lemak jenuh. Minyak sayur yang banyak digunakan adalah minyak zaitun.

Selain itu, beberapa minyak sayur lainnya juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, misalnya minyak wijen, minyak kedelai dan minyak kanola.

2. Ikan mengandung omega 3

Ikan yang mengandung omega 3 dapat membantu mencegah akumulasi kolesterol dalam arteri dan meningkatkan kesehatan jantung.

Ikan yang mengandung omega 3 antara lain tuna, salmon dan sarden.

 

Saksikan video menarik berikut :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang mengandung polyunsaturated yang dikenal sebagai lemak baik. Konsumsi alpukat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

4. Minyak ikan kod

Minyak ikan kod mengandung omega 3 yang berkhasiat untuk meningkatkan sistem imunitas, membantu pertumbuhan tulang, membantu perkembangan otak dan menurunkan kadar kolesterol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.