Sukses

Konsultasi Tulang : Pergelangan Kaki Suka Bunyi Cetek-Cetek

Pertanda apakah kondisi kalau sedang berjalan pergelangan kaki suka bunyi cetek-cetek?

 Pertanyaan :

Liputan6.com, Jakarta Dok, saya punya masalah pada pergelangan kaki kiri. Kalau lagi jalan pergelangan kaki suka timbul bunyi "cetek..cetek.." tapi ngga sakit. Ini sudah saya alami sejak SMA.

FYI, saya suka main bola sejak kecil dan nendang bola pakai kaki kiri jadi spesialis saya. Mohon penjelasannya, Dok. Terimakasih.

Septian, 30 tahun

Jawaban : 

Halo Mas Septian, salam kenal. Terimakasih untuk pertanyaannya.

Untuk melihat permasalahannya, saya harus lihat dulu dengan test fisik dan juga rontgen. Apabila diperlukan dapat dilakukan juga dengan MRI. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi pergelangan kaki secara visual.

Perlu diketahui oleh Mas Septian, mata kaki adalah sebuah sendi, sehingga diperlukan untuk memahami kondisi anatomis dari sendi tersebut. Dari kasus ini bisa terjadi dari yang paling ringan yakni kurangnya cairan sendi, hingga adanya kelainan dari bentuk ankle (mata kaki) sehingga menimbulkan bunyi “cetek..cetek” tadi.

Kalau kurang cairan sendi, bisa dilakukan dengan pengobatan secara oral. Sedangkan kelainan dari bentuk ankle bisa dilakukan operasi.

Namun, terkait tindakan ini, seperti kata saya, perlu dilakukan pengecekan fisik, rontgen, dan bisa juga MRI untuk langkah selanjutnya. Semoga tidak terjadi hal tidak diinginkan, mas Septian.

Dr Andjar Bhawono SpOT dari Rumah Sakit MMC, Kuningan, Jakarta Selatan

Para pembaca setia Health Liputan6.com dapat bertanya seputar masalah tulang dan ortopedi dengan cara mengirimkan surat elektronik dengan subjek KOLOM dr. Andjar Bhawono SpOT ke health.liputan6@gmail.com . Jawaban akan ditayangkan setiap Senin, Rabu, dan Jumat.

Dan, semua penjelasan terkait #KonsultasiTulang bisa Anda baca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.