Sukses

Tips Bersihkan Kulkas Gunakan 4 Bahan Murah Ini

Berikut cara membersihkan kulkas menggunakan bahan-bahan alami

Liputan6.com, Jakarta Menyimpan makanan di dalam kulkas dipercaya dapat membuat makanan itu jadi tahan lama dan tidak rusak. Namun, satu yang kita lupa, seringkali kita malas atau jarang membersihkan peralatan rumah tangga yang satu ini, padahal makanan yang disimpan di kulkas bersinggungan dengan residu yang menempel pada kompartemen kulkas.

Kulkas harus dibersihkan secara teratur. Kulkas yang kotor tidak hanya menimbulkan bau tak sedap, tapi kuman di dalamnya terpapar langsung dengan makanan yang ada.

Berikut bahan-bahan yang dapat digunakan untuk membersihkan kulkas seperti dikutip dari situs Step to Health, Kamis, 5 Oktober 2017. 

1. Baking soda

Karena sifat dan anti bakterinya, sodium bikarbonat atau baking soda merupakan salah satu solusi terbaik untuk membersihkan dan mendisinfeksi lemari es.

Bahan:

3 sdt baking soda (30 g)

2 gelas air hangat (500 ml)

Cara buat:

Tambahkan baking soda ke mangkuk dan tutup dengan air, campur bahan sampai larut. Kemudian, celupkan spons ke dalam larutan baking soda, lalu gosok ke dinding dan kompartemen kulkas.

Biarkan selama lima menit, angkat dengan kain penyerap yang bersih. Ulangi prosedur ini seminggu sekali.

2. Lemon

Asam alami yang ditemukan dalam jus lemon adalah zat pembersih kuat yang menghilangkan bakteri dan kotoran. Sifat alaminya meninggalkan permukaan lemari es yang tampak bersih dan bebas dari bau.

Bahan:

3 lemon

2 cangkir air hangat (500 ml)

Cara buat:

Peras lemon dan tuangkan ke dalam botol semprot bersama dengan air hangat. Kocok dengan baik agar tercampur. Kemudian, keluarkan semua makanan dan bagian yang dapat dilepas dari kulkas. Lalu semprot pembersih lemon.

Biarkan selama lima menit dan gosok dengan handuk bersih atau kain. Untuk memastikan kebersihan, ulangi metode ini dua kali seminggu.

3. Minyak zaitun dan lemon

Pembersih lemon dan minyak zaitun buatan sendiri ini sangat ideal untuk mencuci permukaan lemari es stainless steel. Komponen ini menghilangkan kotoran dari kotoran dan tumpahan tanpa merusak bahan atau meninggalkan residu yang berminyak.

Bahan:

4 sdt minyak zaitun (64 g)

3 sdt air lemon (30 ml)

Cara buat:

Campurkan minyak zaitun dan jus lemon ke piring atau wadah lainnya. Kemudian, gosok ke permukaan kulkas dengan bantuan kain lembut. Biarkan selama sepuluh menit, lalu bersihkan dengan kain yang sedikit lembab. Lakukan sekali seminggu.

 

Michelle Tania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.