Sukses

Jerawat Aneh di Dagu Wanita Ini Ternyata Kanker Kulit

Liputan6.com, California, Amerika Serikat Kari Cummins, 35 tahun, tidak menyangka kalau jerawat aneh yang ada di wajahnya ternyata bentuk kanker kulit. Jerawat aneh berukuran besar yang terletak di dagu Cummins dikenal sebagai blackhead.

"Saya selalu memiliki kulit yang mulus. Jadi, saya pikir jerawat aneh itu kelihatan tidak biasa. Saya menduga itu adalah blackhead atau jenis jerawat yang aneh. Tapi saya belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya," kata Cummins.

Jerawat aneh terasa seperti benjolan di dagu itu semakin besar. Ia sudah memiliki jerawat itu selama beberapa tahun dan dibiarkan saja. Tapi setelah beberapa tes medis, dokter mendiagnosis, benjolan tersebut sebenarnya karsinoma sel skuamosa--bentuk kanker kulit yang paling umum.

Karsinoma sel skuamosa cenderung terbentuk pada kulit yang sering terkena sinar matahari dan sering terlihat pada bagian tubuh yang biasanya ditemukan. Misal, kepala, leher, dan punggung tangan, menurut American Academy of Dermatology.

Setelah jerawat aneh itu diangkat melalui operasi. Lubang di dagu bekas jerawat diangkat perlu 35 jahitan agar tertutup dengan ditutup baik, dilansir dari Refinery29, Rabu (4/10/2017).

"Jika saya tidak memutuskan mengangkat jerawat aneh itu, maka kemungkinannya akan tumbuh lebih besar dan menyebar ke jaringan tubuh lain," lanjutnya.

Simak video menarik berikut ini:

1 dari 2 halaman

Bekas jahitan tak hilang

Bekas jahitan lubang dari jerawat aneh yang diangkat tidak bisa hilang dari dagunya. Setelah sembuh dari operasi, Cummins tetap memiliki bekas jahitan jahitan lubang.

Ia pun memperingatkan kepada orang lain agar menyadari jerawat  yang aneh pada wajah. Jika diperiksakan secara cepat, maka jerawat itu tidak akan membesar.

Jerawat berbentuk benjolan diangkat dari dekat dagu dan menimbulkan bekas jahitan yang tidak hilang. (Foto: Caters News Agency)

"Dari pengalaman ini, saya menceritakan kisah saya ini. Harapannya bisa mendorong orang lain untuk merawat kulit lebih rajin," ucap Cummins asal California, Amerika serikat.

  • Jerawat (acne) adalah gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak (sebum) berlebih.
    Jerawat
  • Kanker merupakan penyakit yang dapat menyerang seluruh bagian tubuh.
    Kanker
Artikel Selanjutnya
Manjurnya Khasiat Bunga Kenanga Hijau Obati Kanker Payudara
Artikel Selanjutnya
Bukan Sekedar Ukuran, Ini 7 Fakta Unik Payudara