Sukses

Alasan Orang Patah Hati Senang Dengarkan Lagu Sedih

Pernahkan Anda merasakan, lagu-lagu sedih seakan mengejar ketika sedang patah hati?

Liputan6.com, Jakarta Patah hati tentu menyedihkan. Saat itulah iringan lagu sedih seakan cocok menemani perasaan yang ada. Ternyata, mendengarkan lagu sedih bisa menjadi langkah penyembuhan.

Pernahkan Anda merasakan, lagu-lagu menyedihkan seakan mengejar ketika sedang patah hati? Saat di kantor, di bus kota, atau bahkan di tempat makan, lagi-lagi mendengar lagu sedih yang pernah Anda dengar. Bahkan musikus jalanan seakan ikut dalam "komplotan". Mengapa playlist Anda mungkin merupakan langkah pertama menuju penyembuhan.

"Keinginan kita untuk mendengarkan lagu-lagu sedih setelah perpisahan sebenarnya bisa menjadi mekanisme penanggulangan untuk membantu kita membangun kecerdasan emosional kita," tulis seorang konsultan, penulis, dan transformational coach, Tamara Lebak, seperti dilansir dari Yourtango, Rabu (4/10/2017).

Menurut Lebak, seseorang yang sedang patah hati berusaha tenang sampai rumah dan kemudian mendengarkan lagu sedih sambil bernyanyi bersama. Tanpa disadari air mata mulai memilih jalurnya.

"Mengungkapkan emosi kita, apakah positif atau negatif, itu sehat dan memberi sinyal kepada orang lain di komunitas kita apa yang terjadi pada kita (yang dapat mengarahkan ke dukungan), dan bahkan dapat membantu kita hidup lebih lama."

Lebak menjelaskan, mengungkapkan kesedihan bisa membuat kita merasa lebih baik. Meskipun begitu, beberapa tipe kepribadian lebih ekspresif secara emosional daripada yang lain, ekspresi emosional adalah keterampilan.

"Kita dapat meningkatkan kecerdasan emosional kita dan belajar mengenali emosi diri kita dan orang lain serta belajar mengenali dan mengekspresikan emosi diri kita sendiri," katanya. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banyak alasan orang mendengar lagu sedih

Ada banyak alasan, ucap Lebak, seseorang ingin mendengarkan lagu sedih setelah putus cinta. Studi menunjukkan mendengarkan musik yang menyedihkan dapat menghibur dan membantu mengatur perasaan negatif atau suasana hati yang buruk jadi lebih baik.

Jadi apa alasan sebenarnya ingin mendengarkan lagu sedih setelah perpisahan? Tujuannya adalah mengungkapkan perasaan kita kepada orang lain dengan aman, bahkan seseorang seperti Adele pun melakukannya melalui lagu.

"Kita dibawa selama 3-4 menit ke dalam perjalanan hubungan kita sambil menghubungkan empati seniman yang mengingatkan kita bahwa kita tidak sendiri."

Menurut Lebak, lagu-lagu yang menyedihkan bisa menghidupkan kembali perpisahan itu melalui suara orang lain dan mendapatkan keuntungan dari pengalaman bersama yang dirasakan.

"Dengan cara ini, lagu-lagu sedih membantu kita mempraktikkan kesedihan kita dengan aman," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.